Danau Singkarak, Danau Terbesar Sumatera Barat

By Yomi Hanna, Kamis, 9 Maret 2017 | 06:28 WIB
Keindahan Danau Singkarak. (Foto: anekatempatwisa,com) (Hanna Vivaldi)

Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Sumatera Barat adalah Danau Singkarak.  Letaknya di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 70 km dari Kota Padang.

Danau Terbesar

Danau ini merupakan danau terbesar di Sumatera Barat dan menjadi danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba, Sumatera Utara. Luas danau ini mencapai 1000 hektar, dengan kedalaman sebesar 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut.

Danau ini diperkirakan terbentuk karena adanya pergeseran lempengan bumi di bawah tanah. Ini dapat menyebabkan panjang danau berubah dari waktu ke waktu. Pada awalnya Danau Singkarak memiliki panjang hanya 3 km, kemudian bertambah menjadi 8 km, lalu saat ini sudah mencapai 23 km. Panjang danau ini diperkirakan masih akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Ikan Bilih

Danau ini memiliki air yang jernih. Meski danau ini tergolong luas, tetapi tidak banyak jenis ikan yang hidup di sini. Hanya ada 19 jenis ikan. Ini mungkin disebabkan karena terbatasnya jumlah makanannya. Jumlah plankton yang menjadi makanan ikan sangat sulit hidup di sini. Karena cahaya matahari yang tidak bisa menembus dasar danau.

Salah satu jenis ikan asli yang hidup di danau ini adalah ikan bilih. Ikan ini memiliki nama latin Mystacoleucus pagangensis. Ikan bilih hanya bisa bertahan hidup di Danau Singkarak. Meski sudah banyak usaha untuk membudidayakan ikan ini di tempat lain, tapi selalu saja gagal. Ikan bilih tidak bisa hidup selain di Danau Singkarak.

Ikan bilih memiliki ukuran yang kecil. Panjangnya sekitar 10 cm dengan sisik berwarna perak. Ikan ini menjadi tangkapan utama para nelayan di sana lalu ikan tersebut dijual ke warung-warung.

Tempat Wisata

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Danau Singkarak. Beberapa di antaranya adalah berenang di air danaunya yang jernih, memancing di tepi danau, dan memandangi aktivitas nelayan menangkap ikan. Wisata kuliner juga bisa dilakukan dengan menikmati sajian di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata ini.

Jika ingin pulang membawa oleh-oleh, penjual suvenir juga ada di sana. Mereka menjual kerajinan tangan yang terkait dengan Danau Singkarak maupun budaya Minangkabau, Sumatera Barat.

Tour de Singkarak

Setiap tahun di Sumatera Barat terdapat acara balap sepeda tingkat internasional. Danau Singkarak menjadi bagian di dalam acara besar tersebut. Acara ini bernama Tour de Singkarak. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Amaury Sport Organization. Amaury Sport Organization ini adalah penyelenggara Tour de Pance, acara balas sepeda di Prancis.

Tour de Singkarak bukan hanya sekedar ajang balap sepeda. Kegiatan ini menjadi ajang pengenalan keanekaragaman budaya dan keindahan alam Sumatera Barat. Tour de Singkarak berlangsung selama seminggu, dilaksanakan setiap bulan April – Juni.