Pantai Pamayang dan Wisata Kulinernya

By willa widiana, Jumat, 10 Maret 2017 | 22:07 WIB
Kapal nelayan yang ada di Pantai Pamayang. (willa widiana)

Jika biasanya kita berwisata ke pantai untuk menikmati air dan keindahannya, maka tak ada salahnya jika kali ini kita menikmati Pantai Pamayang dan wisata kulinernya.

Pantai Pemayang

Pantai Pamayang terletak di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya. Objek wisata yang memiliki pantai berpasir landai ini, letaknya tak jauh dari Pantai Sindangkerta, lo, ternyata. Jika dari Pantai Cipatujah, jaraknya sekitar 7 kilometer.

Beli Ikan

Di pantai ini, kita akan menemukan banyak perahu nelayan. Selain itu, banyak juga nelayan yang menjual ikan di pelalangan ikan. Jadi, bagi kamu yang mau berwisata kuliner, tak ada salahnya menawar harga di acara pelelangan ini. Setelah itu, kamu bisa menikmati tangkapan laut hasil lelang itu. Hmm… sepertinya seru dan sedap, ya.

Ritual Syukur Laut

Di Pantai Pamayang ini selalu diadakan Ritual Syukur Laut setiap awal bulan Muharam tahun Hijriah. Dalam ritual itu, biasanya akan dilakukan pelepasan jampana atau tandu ke laut lepas. Selain itu, dilakukan pula ritual Hajat Lembur sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, Teman-teman, apakah diantara kamu ada yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Pamayang dan menikmati wisata kulinernya?

Foto: wikimapia.org