Kawok, Santapan Ekstrem dari Manado

By Putri Puspita, Jumat, 10 Maret 2017 | 07:10 WIB
KAWOK MANADO (foto : www.flickr.com) (Putri Puspita)

Manado memang terkenal dengan kuliner yang ekstrem. Salah satunya adalah masakan berbahan dasar tikus hutan berekor putih yang dikenal dengan nama kawok. Wah, bagaimana ya rasanya?

Rasanya...

Kawok merupakan makanan yang menjadi idola di Manado. Rasanya sedap, gurih, dan membuat ketagihan. Tekstur daging kawok berserat halus dengan tulang yang kecil. Ada sedikit rasa pahit, tetapi hal tersebut yang menjadi ciri khas dari kawok. Makanan ini mudah ditemui, terutama di Pasar Tomohon karena kawok adalah salah satu makanan favorit di Manado. Bukan hanya warga lokal, para wisatawan yang datang juga suka dengan makanan ini.

Kaya Bumbu

Inti memasak kawok agar lezat ada pada kualitas bumbunya. Jangan heran jika melihat takaran bumbu yang cukup banyak. Daging tikus dibumbui dengan sere, lemon, cabai, bawang, kemangi, kunyit, dan garoka, kemudian ditambah santan kental.

Pemakan Tumbuhan

Tikus yang digunakan bukanlah tikus-tikus yang sering berkeliaran di got atau saluran air pemukiman, melainkan tikus hutan yang memiliki ekor berwarna putih dan hanya makan tumbuh-tumbuhan saja. Tikus berekor putih yang diolah menjadi kawok biasanya ditangkap langsung di hutan dan hidup di pepohonan seguer di hutan.