Berapa Lama Harusnya Menggunakan Earphone?

By Iveta Rahmalia, Minggu, 13 Agustus 2017 | 05:52 WIB
Berapa lama harusnya menggunakan earphone? (Iveta Rahmalia)

Mendengarkan musik itu memang asyik, ya? Apalagi, mendengarkan musiknya menggunakan earphone. Kita jadi tidak terganggu dengan suara-suara di tempat kita berada. Tapi, tahukah Teman-teman, kalau terlalu lama menggunakan earphone akan merusak pendengaran kita? Lalu, berapa lama harusnya kita menggunakan earphone, ya?

Bunyi masuk ke dalam telinga kita sebagai getaran di udara. Getaran udara itu masuk melalui daun telinga,  lalu diteruskan sampai ke gendang telinga. Sehingga gendang telinga kita ikut bergetar. Getaran itu lalu diterusan ke tulang-tulang pendegaran hingga mengirim sinyal ke otak sebagai bunyi.

Nah, jika getaran itu terus-menerus menggetarkan gendang telinga kita, maka telinga akan capek. Pada akhirnya, membuat pendengaran kita terganggu. Apalagi, menggunakan earphone sampai tertidur. Wah... kasihan sekali telinga kita. Telinga juga butuh istirahat agar tetap sehat.  

Lalu, bagaimana agar pendengaran kita tidak terganggu? Gunakanlah earphone paling lama 60 menit dalam sehari. Selain itu, kita juga harus mengatur volumenya agar tidak lebih dari 60 persen.

Mendengarkan musik jadi makin asyik kalau telinga kita dalam kondisi baik. Karena itu, yuk, jaga juga kesehatan telinga kita

Foto: Creative Commons.