Macam-Macam Humor

By willa widiana, Sabtu, 11 Maret 2017 | 22:00 WIB
Humor itu ada jenisnya, lo. (willa widiana)

Kamu mungkin pernah bergurau bersama temanmu. Tetapi sesekali, cobalah untuk memerhatikan apa yang menjadi bahan humor mereka. Kenapa harus diperhatikan? Karena humor itu ada bermacam-macam. Bahkan, para peneliti membagi humor menjadi empat jenis.

Humor agresif

Humor jenis ini biasanya menggunakan kekurangan orang lain sebagai bahan lelucon. Kekurangan di sini bukan berarti kekurangan fisik, ya, tapi kekurangan lain. Misalnya, seseorang salah menyebutkan sesuatu, maka kesalahan orang tersebutlah yang akan dijadikan bahan lelucon.

Kalau kamu suka menggunakan humor agresif, sebaiknya diperhatikan lagi saat kamu akan menggunakannya. Kenapa? Karena kepekaan setiap orang itu berbeda. Dikhawatirkan, kamu memberikan lelucon pada orang yang salah dan akhirnya malah membuat orang tersebut sakit hati.

Humor menyalahkan diri sendiri

Humor jenis ini biasanya menggunakan kesalahan sendiri sebagai bahan humornya. Jadi, sangat berkebalikan dengan humor agresif. Beberapa pelawak di teve sering menggunakan humor jenis ini.

Meski menggunakan kesalahan sendiri sebagai bahan humor, kamu harus tetap melihat waktu dan keadaan disekitarmu. Jangan sampai, kamu mengeluarkan humor disaat yang salah, hingga akhirnya malah mengganggu orang sekitar.

Humor yang luas

Humor yang luas merupakan humor yang cukup bagus. Kenapa? Karena bahan untuk humornya berasal dari berbagai pengetahuan yang diketahui oleh orang tersebut. Jadi, si pemberi humor bisa memberikan humor kepada orang-orang yang berbeda latar belakang dan menggunakan berbagai pengetahuan sebagai bahan humornya. Unik bukan?

Humor untuk diri sendiri

Nah, kalau humor jenis ini biasanya dibuat oleh kita, dilakukan oleh kita, dan diberikan kepada kita. Yap, ini adalah jenis humor intrapersonal. Biasanya, kita membuat humor ini di dalam pikiran kita. setelah itu, kia pun akan tertawa jika membayangkannya. Tapi ingat, jangan membuat humor untuk diri sendiri di depan umum, ya!

Nah, teman-teman, itulah macam-macam humor yang Bobo ketahui.

Sumber: Kompas.com, Foto: pixabay.com