Buah Kemot, Buah Kecil yang Suka Bersembunyi

By Sylvana Toemon, Senin, 11 Desember 2017 | 10:34 WIB
Buah kemot, buah kecil yang suka bersembunyi (Sylvana Toemon)

Buah kecil ini suka bersembunyi di dalam serabut. Buah apakah itu?

Sebesar Kelereng

Buah bernama latin Passiflora foetida ini ukurannya kecil, hanya seukuran kelereng. Buah ini tumbuh liar di seluruh dunia. Tak heran kalau buah ini memiliki banyak nama. Di Indonesia saja buah ini dikenal dengan nama kemot, ceplukan blungsun, rajutan, kaceprek, dan timun padang.

Bunga Disukai Kupu-Kupu

Tumbuhan ini tumbuh merambat di semak-semak yang terkena sinar matahari. Kadang-kadang juga terlihat di tepi hutan atau di tanah lapang. Bunganya kecil berwarna putih, kuning, atau keunguan. Bunganya beraroma segar dan disukai oleh kupu-kupu.

Serabut Pelindung

Buah ini diselubungi serabut yang sekilas seperti berduri. Serabutnya yang terlihat berduri membuat serangga mengira kalau buah itu berbahaya.Sebenarnya serabut itu tidak berduri. Kalau dipegang akan terasa lembut dan sedikit lengket. Serabut itu adalah bagian dari kelopak bunga untuk melindungi buah supaya tidak dimakan oleh pemangsa. Setelah matang, barulah buah ini terlihat keluar dari dalam serabut pembungkusnya. Buah yang sudah matang warnanya kekuningan, rasanya manis agak asam.

Obat Tradisional

Di beberapa daerah di Asia, tumbuhan ini menjadi obat tradisional. Di Vietnam, daunnya dikeringkan dapat diminum seperti teh. Teh daun ini dipercaya dapat mengobati batuk. Ada juga yang menjadikannya obat cacing untuk anak-anak. Di Papua, daunnya digunakan untuk mengobati gigitan ular.

Buah semak ini berasal dari Amerika Selatan yang kemudian menyebar ke seluruh dunia sampai ke Indonesia. Apakah di dekat tempat tinggalmu juga ada buah ini?

Nama ilmiah:  Passiflora foetida
Nama lain: kemot, ceplukan blungsun, rajutan, kaceprek, dan timun padang
Asal: Amerika Selatan
Tempat hidup: daerah tropis