Spesies Lumba-Lumba Air Tawar

By Marisa Febrilian, Jumat, 10 Maret 2017 | 22:09 WIB
Spesies lumba-lumba air tawar (Marisa Febrilian)

Sst! Teman-teman tahu tidak kalau ada lumba-lumba yang hidup di air tawar. Yup! Inilah lumba-lumba air tawar, atau yang dikenal dengan sebutan boto. Kabarnya, lumba-lumba ini memiliki spesies baru, lo.

Luamba-lumba Sungai

Lumba-lumba air tawar atau lumba-lumba sungai merupakan salah satu mamalia air yang langka dan terancam punah. Menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), 3 dari 4 spesies lumba-lumba air tawar ini termasuk ke dalam status terancam.  

Keberadaan lumba-lumba air tawar bisa ditemukan di perairan sungai Amazon. Ia suka berada di dasar sungai sambil memangsa ikan-ikan kecil. Lumba-lumba air tawar memiliki tubuh yang lebar, sirip yang mirip dayung, lehernya lentur, serta moncongnya panjang dan sempit.

Sungai Araguaia

Nah, para ilmuwan dari Universitas Federal do Amazonas di Manaus, Brasil mengumumkan keberadaan spesies baru dari lumba-lumba air tawar. Lumba-lumba spesies baru itu disebut Araguaian boto atau Inia araguaiaensis. Lumba-lumba itu ditemukan di sungai Araguaia, Brazil. 

Berdasarkan hasil studi dari ilmuwan Brasil, dinyatakan bahwa DNA dari lumba-lumba Araguaian boto ini berbeda dengan lumba-lumba air tawar lainnya. Perbedaannya terlihat dari fisiknya, seperti tengkorak yang lebih kecil dan jumlah giginya hanya 24 buah.

Meskipun termasuk spesies baru, sayangnya, keberadaan lumba-lumba Araguaian boto sama langkanya dengan lumba-lumba air tawar lainnya.

Foto : Nicole Dutra / nationalgeographic.com Sumber : National Geographic