Rahasia Bersih Negeri Seribu Larangan

By Marisa Febrilian, Sabtu, 11 Maret 2017 | 22:29 WIB
Singapura, Negara Bersih (Marisa Febrilian)

Singapura. Negara yang berada tak jauh dari Indonesia ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apa sih yang menyebabkan negeri ini banyak diminati? Jawabnya adalah lingkungannya yang bersih.

Rahasia Bersih

Nah, inilah yang menjadi daya tarik kota Singapura. Kebersihan lingkungan di negerinya ini yang banyak menarik wisatawan. Lalu, apa sih, rahasia bersih negeri ini? Ternyata, sejak Maret tahun lalu, pemerintahan di Singapura menaikkan denda kepada masyarakat yang tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Awalnya, peraturan itu menetapkan denda sebesar 3.000 dollar Singapura atau sekitar 3 juta rupiah. Namun, pemerintah Singapura menaikkan denda itu menjadi 5.000 dollar Singapura (Rp 50 juta). Wow! Pantas saja negeri Singapura dijuluki sebagai Negeri Seribu Larangan.

Negeri Hijau

Penetapan peraturan itu merupakan keseriusan dari pemeritahan Singapura dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Dengan adanya peraturan ini, masyarakat bisa berpikir dua kali jika akan mengotori lingkungan. Selain peraturan, kesadaran dari setiap masyarakat juga mendukung terlaksananya suatu kebijakan, lo. O ya, Singapura itu dijuluki sebagai negeri hijau, bersih, dan indah di Asia. Bahkan Singapura termasuk ke dalam 10 besar negara bersih se-dunia. Whuiiihhh..hebat! Inilah jawabanya mengapa Singapura banyak diminati oleh wisatawan.

Kalau peraturan seperti ini diterapkan di Indonesia, kira-kira berhasil tidak ya?