Tari Janger, Tarian Remaja Bali

By Putri Puspita, Senin, 13 Maret 2017 | 06:13 WIB
Tari Janger (Sumber: Nusa Bali) (Putri Puspita)

Tari janger, awalnya merupakan sebuah kesenian tembang bersahutan oleh sekelompok muda-mudi. Pada umumnya, tembang bersifat gembira sesuai dengan alam kehidupan remaja. Tarian diiringi oleh gamelan batel (tetamburan) yang dilengkapi dengan sepasang gender.

Sejak 1920

Tari janger diperkirakan muncul sekitar tahun 1920 pertama kali di daerah Bali Utara. Asal mula tari janger dimulai dari nyanyian bersahut-sahutan orang-orang yang sedang memetik kopi. Nyanyian itu dilakukan sebagai hiburan, sekaligu untuk menghapus kelelahan. Dari bentuk yang sangat sederhana ini kemudian berkembang dan menjadilah tari janger seperti yang ada ini di Bali.

Penuh Nyanyian

Tari janger adalah tarian Bali penuh nyanyian yang ditarikan secara massal. Tari janger ditampilkan antara 10 sampai 16 orang pasang penari pria dan wanita. Kelompok penari pria dinamakan kecak dan kelompok penari wanitanya di namakan janger. Mereka bernyanyi dan menari, sambil bersahutan mengucapkan syair kisah-kisah anak muda.

Bagian-bagian Tari Janger

Suatu pertunjukan tari Janger biasanya terdiri dari pembukaaan, pepeson, pejangeran, lakon, dan penutup. Tari Janger diawali dengan suatu gamelan pembukaan. Pada bagian ini belum terdengar nyanyian-nyanyian. Selanjutnya  pepeson yang selalu di mulai dengan nyanyian-nyayian dan tarian bersama dari seluruh penari janger dan kecak.

Bagian ini dilanjutkan dengan masuknya iring-iringan janger dan kecak. Setelah membentuk formasi, kecak maupun janger menari dan menyayi saling bersahut-sahutan bersama-sama dalam suasana gembira. Janger dilanjutkan dengan penampilan drama atau lakon dari cerita rakyat. Pertunjukan janger selalu ditutup dengan lagu permohonan maaf dan selamat tinggal kepada penonton.

Gerak Tari Janger

Gerakan-gerakan tari yang di gunakan dalam tari janger merupakan gerakan tari klasik Bali. Gerakan tari yang agak berbeda dan merupakan khas pejangeran adalah gerak tari pada kecak dan jangernya.

Kecak pada dasarnya masih tetap menampilkan gerak-gerik tari Bali klasik yang dipadukan dengan unsur pencak silat, sehingga melahirkan gerak-gerik tari yang khas. Janger dan kecak melakukan tarinya kebanyakan dengan posisi bersimpuh atau duduk bersila.

Busana Tari Janger

Janger mengenakan busana seperti gelungan janger, badong gelang kanan, sabuk, kain, oncer, dan ompak-ompak. Perlengkapan lainya yang digunakan janger adalah kipas.

Kecak  mengenakan busana yang terdiri dari kain kekancutan, sabuk, ampok-ampok, badong, gelang kana, dan udeng.