Megahnya Replika Pagoda Shwedagon di Berastagi

By Yomi Hanna, Senin, 13 Maret 2017 | 06:52 WIB
Pagoda Shwedagon Taman Alam Lumbini Berastagi. (Foto: lihat.co.id) (Hanna Vivaldi)

Pagoda Shwedagon adalah tempat ibadah yang paling suci di Kota Yangon, Myanmar. Warna emas pada keselurahan bangunan membuatnya terlihat megah. kemegahan itu juga terlihat pada replika pagoda di Berastagi, Sumatera Utara.

Replika Pagoda Shwedagon

Replika adalah sesuatu yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Bangunan yang mirip dengan Pagoda Shwedagon Myanmar ternyata ada di Indonesia juga. Tepatnya ada di Kuil Taman Alam Lumbini Berastagi, Sumatera Utara.

Pagoda yang ada di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua setelah yang ada di Burma. Pagoda ini merupakan yang termegah dan tertinggi di Indonesia sehingga meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Taman Alam Lumbini Berastagi

Taman Alam Lumbini yang ada di Berastagi merupakan kuil umat Buddha yang berlokasi di Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bangunan ini diresmikan tahun 2010 bersama replika Pagoda Shwedagon yang ada di dalamnya. Acara peresmiannya pada waktu itu dilakukan besar-besaran. Ada 1300 biksu dan 200 orang dari berbagai penjuru dunia yang datang ke acara peresmian tersebut.

Tempat Wisata yang Mengagumkan

Hampir seluruh bagian di Pagoda Taman Alam Lumbini ini berwarna keemasan. Pagoda emas ini memiliki empat ruang buddha berukuran sedang. Bagian tengah pagoda dijadikan tempat untuk bersembahyang bagi para pengunjung yang datang. Selain adanya Pagoda Shwedagon di Kuil Taman Alam Lumbini, komplek seluas 3 hektar ini juga memiliki taman yang indah.

Desain bangunan pagoda emas Taman Alam Lumbini ini cukup menarik dan mengagumkan karena mirip juga dengan pagoda-pagoda yang ada di Thailand. Oleh karena itu, jika kita berfoto di depan pagoda ini, akan membuat kita berasa sedang berada di Thailand.

Perkebunan Stroberi

Selama perjalanan menuju ke lokasi ini, para wisatawan bisa menyaksikan perkebunan stroberi yang terbentang di sepanjang kanan dan kiri jalan.