Beragam Rasa Mi Aceh

By Yomi Hanna, Senin, 13 Maret 2017 | 06:57 WIB
Mie Aceh Goreng yang Lezat. (Foto: aceh.kotamini.com) (Hanna Vivaldi)

Mi aceh merupakan makanan daerah yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Makanan ini berasal dari Aceh, salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

Sajian Mi Aceh

Mi aceh mempunyai ciri berwarna kuning dan tebal serta dimasak menggunakan bumbu kari yang gurih dan pedas. Makanan ini biasanya disajikan bersama daging sapi, daging kambing, atau pun makanan laut (udang dan cumi).

Mi aceh terdiri dari tiga jenis, yaitu mi goreng, mi tumis, dan mi rebus. Mi aceh goreng tidak berkuah, mi aceh tumis dengan kuah yang sedikit dan mi aceh rebus dengan kuahnya banyak. Mi aceh ini tidak lengkap rasanya jika tidak ada emping, jeruk nipis, kacang tanah yang digoreng, serta potongan bawang merah, dan mentimun.

Sejarah Mi Aceh

Mi aceh adalah sebuah kuliner hasil penggabungan budaya lokal (Aceh) dengan budaya asing. Budaya asing yang masuk dikarenakan dulunya Aceh dikenal sebagai pelabuhan utama di wilayah Sumatera dan sekitarnya, sehingga banyak lalu lintas budaya luar yang masuk di daerah ini.

Kari kental yang menjadi ciri utama mi aceh berasal dari masakan India. Sementara itu penggunaan mi-nya sendiri berasal dari masakan China atau Tiongkok. Sajian mi ini dengan daging sapi atau daging kambing karena adanya pengaruh budaya Islam di Aceh yang sangat kuat. Sedangkan tambahan makanan laut udang dan cumi, dikarenakan Aceh terletak di wilayah yang dikelilingi Selat Malaka, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

Beragam Rasa

Satu porsi mi aceh memiliki ragam rasa. Ada rasa pedas, manis, asam, dan asin. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah hasil racikan dari cabai bermutu tinggi, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Tidak heran jika makanan ini sudah tersebar luas di berbagai daerah karena memiliki rasa yang lezat. Selain di Indonesia, mie aceh juga sudah ada di beberapa negara lain. Makanan ini juga bisa dinikmati di negara Malaysia dan Australia.