Kenapa Sarapan Itu Penting?

By Yomi Hanna, Senin, 21 Agustus 2017 | 01:00 WIB
Sarapan Sebelum Memulai Aktivitas. (Foto: abbottfamily.co.id) (Hanna Vivaldi)

Kebanyakan kita  tidak sarapan karena tidak sempat dan buru-buru ke sekolah atau karena tidak suka dengan menu yang ada. Padahal, sarapan itu sangat penting bagi kesehatan kita.

Pentingnya Sarapan

Pagi hari adalah waktunya untuk memulai semua aktivitas. Baik aktivitas di sekolah atau di mana pun. Untuk itu kita membutuhkan energi yang cukup. Selain itu, sarapan dapat mengurangi kelebihan berat badan. Orang yang tidak makan di pagi hari, cenderung akan makan lebih banyak saat siang hari.

Sarapan juga bermanfaat membuat kita menjadi lebih konsentrasi dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak sarapan pagi akan membuat energi di otak berkurang, sehingga fungsinya menurun.

Akibat Tidak Sarapan

Melupakan sarapan di pagi hari dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Kita akan menjadi lebih mudah terserang penyakit. Tidak sarapan juga akan membuat kita kelaparan sehingga menginginkan jajan di luar. Sedangkan makanan yang dijual di luar rumah belum tentu sehat dan bersih.

Menu Sarapan yang Baik

Menu sarapan baik untuk kita makan adalah roti gandum, ikan dan sayur, telur, sereal, buah segar, dan air putih. Menu tersebut mengandung  karbohidrat, kalium, protein, kafein, cokelat, vitamin A dan vitamin C. Ini berguna untuk mendukung kerja otak dan tubuh kita. Jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, seperti roti dan nasi. Karena ini dapat membuat kita cepat ngantuk. Oleh karena itu, makanlah secukupnya.