Taman Nasional Way Kambas

By Yomi Hanna, Selasa, 14 Maret 2017 | 06:34 WIB
Taman Nasional Way Kambas. (Foto: infowisatabagus.wordpress.com) (Hanna Vivaldi)

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Taman nasional ini merupakan taman nasional yang pertama dan tertua di Indonesia. Selain itu, TNWK ini ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN.

Asal-usul Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas didirikan pada tahun 1937 oleh pemerintah Belanda. Awal terbentuknya taman nasional ini semata ingin melindungi keberadaan gajah. Karena ada kebutuhan yang saling menguntungkan antara manusia dan gajah.

Pada masa sultan atau raja memerintah, gajah dilatih untuk ikut berperang serta digunakan dalam berbagai seremonial. Gajah juga melakukan berbagai pekerjaan seperti mengangkut kayu dan membajak sawah. Tapi di masa sekarang, gajah di TNWK hanya hanya melakukan kegiatan bermain bola dan pertunjukan yang menghibur para pengunjung.

Taman Nasional Way Kambas di Masa Kini

Sampai sekarang TNWK masih terjaga keberadaannya dan sekitar 200 gajah sumatera hidup di dalamnya. Taman nasional yang memiliki luas 1.300 km persegi ini terkenal dengan konservasi gajahnya. Taman ini menjadi tempat perlindungan dan pelatihan bagi gajah sumatera. Selain konservasi gajah, terdapat juga konservasi badak sumatera.

Fauna lainnya yang hidup di TNWK ini adalah bebek putih bersayap, bangau storm, harimau sumatera, tapir, anjing hutan, monyet siamang, bebek hutan, sandang kuntul lawe, bangau tong-tong, sempidan biru, kuau, dan ular pecuk.

Selain itu beberapa flora yang ada di TNWK seperti tanaman api-api, pidada, nipah, gelam, salam, rawang, ketapang, cemara laut, pandan, puspa, meranti, minyak, dan ramin.