4 Efek Buruk Menggigit Kuku

By willa widiana, Rabu, 15 Maret 2017 | 06:40 WIB
Ternyata... kebiasaan menggigit kuku itu kurang baik. (willa widiana)

Beberapa orang punya kebiasaan mengigit kuku, entah saat gelisah atau tidak. Ternyata kebiasaan menggigit kuku itu bisa menimbulkan beberapa efek buruk. Berikut ini empat efek buruk mengigit kuku.

Mudah Terinfeksi Kuman

Kuku merupakan salah satu sarang kuman. Mencuci tangan belum tentu membuat kuku bebas dari kuman. Kebiasaan mengigit kuku membuat kuman lebih mudah masuk ke mulut, tenggorokan, dan perut kita. Jika sudah begitu, tubuh kita pun akan lebih mudah terinfeksi kuman.

Infeksi Kuku

Kebiasaan menggigit kuku bisa meningkatkan risiko paronychia (infeksi serius pada daerah sekitar kuku). Paronychia ditandai dengan buku jari merah, bengkak yang menyakitkan disekitar kuku, hingga robeknya kutikula disekitar kuku. Jika terkena bakteri, daerah disekitar luka pun akan bernanah.

Mengubah Struktur Gigi

Gigi kita itu dirancang untuk mengunyah makanan, bukan untuk memotong benda keras, seperti kuku. Nah, kebiasaan menggigit kuku bisa membuat gigi kita bergeser dari tempatnya. Selain itu, kuman yang ada pada kuku juga bisa menyebabkan infeksi dan iritasi pada gusi, lo.

Kuku Tumbuh ke Bawah

Saat menggigit kuku, kulit di bawah kuku pun akan tergigit. Jika sudah begitu, kulit di bawah kuku akan lebih rendah dan kuku pun akan tumbuh ke bawah (tidak lurus). Kuku yang tumbuh ke bawah ini bisa menyebabkan luka dan infeksi, lo. Bahkan, beberapa orang harus menjalani operasi karena hal ini. Hiihhh menyeramkan, ya!

Nah, itulah beberapa efek buruk mengigit kuku. Semoga bisa menjadi informasi untuk kamu semua.

Sumber: Kompas.com, Foto: Creative Commons