Apa Saja Pekerjaan Ginjal?

By willa widiana, Minggu, 17 September 2017 | 05:38 WIB
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki pekerjaan penting. (willa widiana)

Tubuh kita terdiri dari beragam organ. Setiap organ sudah punya pekerjaan masing-masing. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki pekerjaan penting. Apa saja pekerjaan ginjal? Kita cari tahu, yuk!

Menyaring Darah

Agar bisa bertahan hidup, kita harus makan dan minum. Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan dicerna dan disebarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Sebelum disebarkan ke seluruh tubuh, darah akan disaring terlebih dahulu oleh ginjal.

Jadi, zat yang dibawa oleh darah hanya zat yang bermanfaat. Zat yang tidak bermanfaatnya akan dibuang bersama urine.

Dalam sehari, ginjal akan menyaring 180 liter darah. Jika darah yang ada di tubuh tidak disaring oleh ginjal, kita bisa keracunan.

Menjaga Keseimbangan Air

Setiap hari kita harus minum air sebanyak 6 gelas (untuk anak-anak) dan 8 gelas (untuk orang dewasa). Agar jumlah air di dalam tubuh kita tidak berlebih, maka ginjal akan membuang dua liter air melalui urine setiap harinya.

Kenapa ginjal membuang air yang ada di tubuh kita? Jika air yang kita minum tidak dibuang, tubuh kita bisa kelebihan air. Hal itu tidak baik, karena bisa mengganggu aktivitas jantung dalam memompa darah.

Mengatur Kadar Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Meski penting, kandungan kalium di dalam tubuh harus pas. Tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.

Jika kadar kalium terlalu tinggi, tubuh bisa mengalami Hiperkalemia. Itu adalah kondisi yang menyebabkan otot jantung berhenti berdetak. O ya, jika kadar kalium terlalu rendah, tubuh akan mengalami kelelahan, kelemahan otot, kulit kering, dan gerak refleks pun akan melambat.

Selain pekerjaan di atas, ginjal masih punya pekerjaan lain, seperti mengatur keseimbangan asam-basa, mengatur tekanan darah, dan memroduksi vitamin D aktif. Jadi, jaga selalu kesehatan ginjalmu dengan cara minum air putih yang cukup dan makan makanan bergizi.

Sumber: Press Conference World Kidney Day 2017, ebiologi.com, Foto: Creative Commons