Kebiasaan Membaca Setiap Hari

By Yomi Hanna, Rabu, 15 Maret 2017 | 10:21 WIB
Budaya Membaca Setiap Hari. (Foto: eksomedia.com) (Hanna Vivaldi)

Menurut "Most Littered Nation In the World" pada Maret 2016, minat baca masyarakat Indonesia dinyatakan menduduki urutan 60 dari 61 negara. Ini adalah kondisi yang cukup memprihatinkan. Padahal membaca adalah kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Banyak orang yang sukses dan cerdas karena mereka senang membaca. Apa manfaat yang akan kita dapat ketika kita terbisa dengan budaya membaca?

Menambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Banyak membaca akan membukakan pikiran dan menambah pengetahuan kita. Kita akan mengetahui banyak hal dan membuat rasa percaya diri meningkat untuk menghadapi perkembangan zaman.

Mengasah Kecerdasan

Ketika kita membaca, otak akan bekerja aktif. Ini dapat mengasah fungsi otak kita, menjadi lebih cepat tanggap, kritis, dan meningkatkan kecerdasan.

Menambah Kosakata

Dalam berbagai bacaan akan ada selalu kata atau penggunaan kalimat yang baru kita ketahui. Ini akan menambah perbendaharaan kata kita. Membaca juga akan membuat kita dapat berkomunikasi dengan baik. Ini karena seringnya kita membaca kalimat yang rapi dan teratur sesuai dengan aturan bahasa yang ada.

Meningkatkan Konsentrasi

Kegiatan membaca membuat kita menjadi fokus. Ini karena pada saat membaca, kita tidak bisa berpikir tentang hal lain di waktu yang sama. Semakin sering kita membaca, konsentrasi kita dapat menjadi lebih terarah. Begitu juga ketika sedang belajar di dalam kelas, kita akan menjadi lebih fokus.

Meningkatkan Daya Ingat

Membaca adalah semacam cara untuk melatih ingatan kita. Dengan membaca, banyak bagian yang ada di dalam tulisan yang akan kita ingat dengan sendirinya. Mulai dari judul, jalan cerita, plot, alur, kesimpulan, dan banyak hal lainnya.