Venus, Planet Tetangga Terdekat Bumi

By Sylvana Toemon, Kamis, 16 Maret 2017 | 02:27 WIB
Planet Venus, tetangga terdekat Bumi (Sylvana Toemon)

Planet Venus adalah planet yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Apakah keadaan di planet ini mirip dengan Bumi yang kita tempati ini?

Bintang Kejora

Planet ini selalu terlihat di langit malam. Kita mengenalnya sebagai Bintang Kejora. Benda langit ini terlihat lebih terang dan lebih besar dibandingkan benda langit lainnya selain Bulan. Venus mendapatkan namanya dari nama dewi kasih sayang dan keindahan dalam mitologi Yunani. Ratusan tahun yang lalu, ahli astronomi membayangkan Planet Venus adalah planet yang subur seperti Taman Firdaus. Planet yang besarnya hampir sama dengan Bumi ini bahkan disebut sebagai kembaran Bumi.

Planet Berawan Tebal

Ilmu pengetahuan menemukan bahwa Bintang Kejora bukanlah bintang, melainkan planet yang mengelilingi Matahari, sama seperti Bumi. Orbitnya berada di antara Planet Merkurius dan Bumi. Planet ini tidak seindah yang dibayangkan orang ratusan tahun yang lalu. Penyelidikan memberikan gambaran yang sangat berbeda. Planet Venus adalah planet yang permukaannya panas terik. Atmosfer planet ini terdiri dari gas tebal berawan yang terdiri dari belerang, hidrogen, dan karbondioksida. Langitnya berwarna jingga tua dan sering terjadi badai. Saat badai, kilat menyambar nyambar, guntur bergemuruh, dan terjadi hujan asam belerang. Tiidak ada air di sana.

Planet Terpanas di Tata Surya

Planet Venus adalah planet yang suhu udaranya terpanas di Tata Surya kita. Planet ini bahkan lebih panas dari Planet Merkurius, planet yang paling dekat dengan Matahari. Dalam atmosfer Venus, panas terkurung di bawah lapisan awan asam belerang. Itu membuat permukaan planet ini tetap panas walaupun malam. Suhu siang dan malam hampir sama, kira-kra 480 oC. Makhluk hidup dari Bumi tidak ada yang dapat bertahan hidup di planet yang panas dan beracun itu.

Sehari di Venus

Sehari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi. Itu karena Venus berputar sangat lamban di dalam atmosfer penuh gas beracunnya. Akibatnya, permukaan Planet Venus yang terlihat dari Bumi selalu terlihat sama. Salah satu keunikan Planet Venus, rotasinya berlawanan arah dengan planet-planet lainnya. Itu membuat pergerakan Matahari yang terlihat di Planet Venus berlawanan dengan di Bumi. Matahari terlihat terbit di sebelah barat, dan tenggelam di sebelah timur. Planet Venus mengelilingi Matahari selama 225 hari di Bumi. Orbit planet ini bentuknya nyaris bundar sempurna. Orbit planet dan benda lainnya biasanya berbentuk elips.

Diameter 12.104 km

Jarak dari Matahari 108 juta kilometer

Suhu rata-rata 480 oC