Bolehkah Anak-anak Mengonsumsi Kopi?

By willa widiana, Jumat, 22 September 2017 | 07:06 WIB
Bolehkan anak-anak mengonsumsi kopi? (willa widiana)

Beberapa orang dewasa selalu mengonsumsi kopi di pagi hari. Mereka yang mengonsumsi kopi biasanya membutuhkan zat kafein agar bisa berkonsentrasi lebih baik. Bagaimana dengan anak-anak? Bolehkan anak-anak mengonsumsi kopi?

Di Bawah 12 tahun

Bagi kamu yang masih berusia di bawah 12 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi kopi. Pada usia ini, tubuhmu masih memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, kamu tidak memerlukan kopi.

Menurut beberapa ahli, anak kecil yang mengonsumsi kopi bisa terkena beberapa masalah kesehatan, seperti: hiperaktif, insomnia, gigi berlubang, hilangnya nafsu makan, hingga masalah pertumbuhan badan.

Remaja

Saat remaja, kita masih ada dalam masa pertumbuhan. Para ahli masih menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi kopi. Kenapa? Dikhawatirkan, kandungan kafein yang ada di dalam kopi akan menganggu pertumbuhan kita.

Dibatasi

Jika kamu sudah terbiasa atau sudah mendapat izin untuk minum kopi, hal itu tidak masalah. Tapi, usahakan untuk membatasi konsumsinya, ya. Selain itu, usahakan juga untuk mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula atau krim. Kedua bahan tambahan itu bisa menyebabkan kegemukan bagi kita.

Kotak Fakta:

Kafein tak hanya ada di dalam kopi, cokelat dan cola juga mengandung kafein.

Para peneliti memang melarang kita untuk minum kopi. Tapi, larangan itu tidak berlaku bagi anak-anak di Brazil dan negara scandinavian, karena anak-anak di negara itu sudah mengonsumsi kopi sejak usia yang cukup dini.

Foto: Creative Commons