Jalan-Jalan ke Menara Pandang Banjarmasin

By Putri Puspita, Kamis, 16 Maret 2017 | 06:57 WIB
Menara Pandang, Banjarmasin (Foto: www.wisatabanjarmasin.com) (Putri Puspita)

Menara Pandang belakangan ini menjadi daya tarik warga Banjarmasin. Selain menjadi tempat wisata favorit, menara ini juga menjadi ikon baru Kota Banjarmasin.

Lokasi

Menara Pandang terletak di tepi Sungai Martapura dan dekat dengan pasar terapung tepatnya di Siring Menara Pandang di Jalan Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin. Menara Pandang  yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin ini dibuka tiap hari pukul 10.00-21.00 Wita dari Senin hingga Jumat, Sabtu pukul 10.00-22.00 Wita dan Minggu pukul 08.00-21.00 Wita.

Lantai Atas Menara

Menara pandang ini berlantai empat. Di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indah Kota Banjarmasin.

Pengunjung dapat menikmati hamparan sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya yang sangat indah ketika di lihat dari atas Menara Pandang Banjarmasin.

Tak hanya itu saja, karena letaknya yang memang dekat dengan sungai, pengunjung juga bisa melihat beberapa perahu yang berhilir mudik membawa penumpang.

Semilir Angin yang Sejuk

Di saat cuaca sedang cerah, pengunjung akan merasakan semilir angin yang menyejukkan. Tempat ini juga sering digunakan untuk sekadar ngobrol serta berfoto-foto untuk menikmati pemandangan sore Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Meskipun area terbuka,di lantai atas menara ini aman dan nyaman jika ada yang membawa anak kecil, karena di sekelilingnya di batasi dengan pagar yang tinggi.

Aneka Makanan Ringan

Di sekitar menara Pandang Banjarmasin ini banyak juga penjual aneka makanan ringan dan minuman terutama di hari Minggu. Harga jajanannya pun terjangkau, jadi tidak perlu bingung apabila tidak membawa bekal makanan. Hal yang harus diingat adalah pengunjung dilarang merokok dan tetap menjaga kebersihan.