Sekar Jagat, Tarian Penyambutan dari Bali

By Putri Puspita, Jumat, 17 Maret 2017 | 03:49 WIB
Tari Sekar Jagat. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Bali mempunyai berbagai macam tarian dengan fungsi-fungsi tertentu. Salah satunya adalah tari sekar jagat.

Sekar Jagat

Sekar Jagat sebenarnya diambil dari dua suku kata yakni sekar dan jagat. Sekar dalam bahasa Indonesia berarti bunga dan jagat berarti alam semesta/ dunia.

Tarian ini diciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem (yang juga sebagai penata busananya) pada tahun 1993 dalam rangka pembukaan Pameran Wastra Bali di Jakarta. Penata iringannya adalah I Nyoman Windha.

Tari Penyambutan Di Bali, setiap tarian mempunya fungsi tertentu. Tari Sekar Jagat sendiri berfungsi sebagai tari penyambutan bagi tamu kehormatan sekaligus dapat digunakan sebagai media hiburan.

Dalam istilah kesenian di Bali, disebut fungsi “bali-balihan”. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh para wanita yang terdiri dari empat hingga tujuh penari.

Kedamaian Alam

Gerakan dalam tari ini menggambarkan suatu kedamaian di alam semesta sekaligus menggambarkan suasana yang semerbak oleh wanginya bunga. Tak heran jika tarian ini memiliki properti utama berupa ikatan bunga yang dipegang masing-masing penari.

Tarian penyambutan ini juga dikatakan menggambarkan kegembiraan para penari dalam menyambut para tamu yang hadir. Kegembiraan ini diungkapkan melalui keindahan gerak dan busana yang digunakan para penari.