Tanda dalam Pensil

By willa widiana, Jumat, 17 Maret 2017 | 07:28 WIB
Kenapa bagian atas pensil diberi tanda 2B atau HB? (willa widiana)

Saat menggunakan pensil, kamu pasti pernah menemukan tulisan 2B atau HB di bagian atas pensil. Selain itu, beberapa pensil biasanya dicat dengan warna biru, tapi ada juga yang dicat dengan warna hijau. Kenapa bagian pensil tidak dicat dengan warna yang sama?

Tanda B

Ternyata tulisan 2B pada bagian atas pensil berfungsi sebagai pentunjuk. Huruf B menginformasikan ketebalan pensil. Jadi, pensil dengan tanda B warnanya lebih hitam, karena kandungan grafitnya lebih banyak, daripada kandungan tanah liatnya. Selain lebih hitam, pensil denga tanda B juga lebih lembut saat digunakan.

O ya, pensil juga ada yang diberi tanda 2B atau 4B di bagian atasnya. Tanda 2B atau 4B itu bertujuan untuk memberi tahu pengguna, bahwa warna pensilnya lebih hitam dan lebih lembut daripada pensil dengan tanda B.

Tanda H

Selain tanda B, beberapa pensil juga ada yang diber tanda H di bagian atasnya. Ternyata, huruf H itu menandakan tingkat kekerasan suatu pensil. Jadi, pensil dengan tanda H teksturnya lebih keras, karena mengandung tanah liat yang lebih banyak. O ya, pensil dengan tanda H biasanya memiliki warna yang lebih pudar daripada pensil dengan tanda B.

Selain tanda B dan H, ada juga pensil yang diberi tanda HB. Pensil dengan tanda ini biasanya memiliki warna yang hitam dan tekstur yang keras. O ya, pensil juga ada yang diberi tanda F. Pensil dengan tanda F biasanya cocok untuk diraut hingga runcing.

Warna Pensil

Selain diberi tanda B dan H, bagian luar pensil juga akan diberikan warna. Ternyata... warna pada bagian luar pensil biasanya menunjukkan area produksi pensil tersebut. Jadi, beda tempat produksi, beda pula warna bagian luar pensilnya, misalnya:

Meski begitu, ada juga pabrik yang tidak memberikan warna sesuai ketentuan di atas. Hal itu tidak menjadi masalah, karena ketentuan di atas bukan aturan wajib bagi sebuah pabrik pensil.

Foto: Creative Commons