Kenapa Kasur Mengembang Setelah Dijemur?

By willa widiana, Sabtu, 2 September 2017 | 07:35 WIB
Ternyata... kasur harus dijemur agar mengembang dan lebih empuk saat digunakan. (willa widiana)

Dalam beberapa hari sekali, kasur kapuk yang kita gunakan akan dijemur oleh ibu. Kira-kira... teman-teman tahu tidak, kenapa ibu menjemur kasur kapuk setiap beberapa hari?

Lebih Empuk

Ternyata, kasur harus dijemur agar mengembang dan lebih empuk saat digunakan. Selain itu, penjemuran juga bisa membuat kasur lebih berserabut dan lebih hangat saat digunakan di malam hari. O ya, kenapa kasur kapuk bisa mengembang setelah dijemur?

Serat Tabung

Jika diperhatikan dengan mikroskop, serat yang dimiliki kapas itu mirip dengan tabung yang berisi udara. Saat kita tidur di atasnya, udara di dalam serat tabung itu akan keluar. Kasur kapuk pun akan menjadi lembap dan kempis.

Saat dijemur, cahaya matahari akan menghilangkan kelembapan pada kasur. Selain itu, cahaya matahari juga bisa membuat serat tabung terisi kembali oleh udara yang hangat. Jika sudah terisi udara hangat, serat tabung itu akan mengembang kembali. Kasur pun siap digunakan.

Membersihkan Kasur

Kasur yang kita gunakan harus dijemur secara teratur. Jika tidak, kasur bisa lembap. Jika sudah lembap, tungau dan jamur bisa berkembang dengan mudah. Kita pasti tidak mau, kan, tidur kita terganggu gara-gara jamur dan tungau?

Ilustrasi: Ode