Ketahui 4 Fakta Paus Narwhal. Nomer 1 Bikin Kaget!

By willa widiana, Jumat, 17 Maret 2017 | 23:06 WIB
Paus ini mempunyai nama latin Monodon monoceros (willa widiana)

Benda panjang yang seperti tanduk milik mamalia laut ini membuat ia berbeda dengan mamalia laut lainnya. Itulah paus narwhal. Berikut ini beberapa fakta tentangnya.

1. Disebut Paus Mayat

Paus ini mempunyai nama latin Monodon monoceros. Paus ini mempunyai kebiasaan berada di atas permukaan laut tanpa bergerak sama sekali, sehingga telihat seperti mayat. Nah, karena kebiasaannya itulah, mamalia ini dinamai paus narwhal yang berarti paus mayat.

2. Mempunyai Gigi seperti Tanduk

Paus narwhal memiliki benda panjang di bagian depan wajahnya. Benda panjang yang berbentuk seperti pedang itu merupakan sebuah gigi. Gigi tersebut bisa tumbuh hingga 2,7 meter pada pejantan, sedangkan pada paus betina ukurannya lebih kecil.

3. Alat Khusus

Gigi tersebut diperkirakan memiliki sensor untuk mengetahui keadaan suhu air dan juga kadar garam di sebuah perairan. Selain itu, benda panjang tersebut juga berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian betina dan juga alat bertarung dengan sesama pejantan.

4. Sulit Ditemui

Paus narwhal termasuk hewan yang senang bersembunyi dan berpindah tempat tinggal. Jadi, tak heran kalau mamalia laut ini sangat susah untuk dilacak.

O ya, paus ini akan bermigrasi bersama kelompoknya pada musim panas. Jarak yang harus ditempuh saat bermigrasi bisa mencapai ribuan kilometer, lo. Pada saat migrasi tersebut, paus ini akan terlihat di sekitar perairan Arktik, dekat Kanada.

 Foto: Creative Commons