Jejak Kartini di Jepara

By willa widiana, Sabtu, 18 Maret 2017 | 23:33 WIB
Jejak R. A. Kartini di Jepara (willa widiana)

Jepara merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah. Jika berkunjung ke Jepara, jangan lupa untuk melihat Jejak R. A. Kartini, ya! Kira-kira... jejak apa saja yang ditinggalkan oleh R. A. Kartini?

Monumen Ari-Ari Kartini

Rumah tempat dilahirkannya R. A. Kartini sudah dibongkar yang tersisa hanya sebuah sumur tempat ari-ari beliau ditanam. Akhirnya, tempat itupun dijadikan sebuah monumen bernama Monumen Ari-Ari Kartini. Tempat ini agak sepi, karena banyak orang yang tidak tahu.

Museum Kartini

Museum Kartini berada di seberang kantor kabupaten. Museum yang diresmikan pada 21 April 1977 ini menyimpan barang-barang peninggalan Kartini dan keluarganya. Barang-barangnya cukup beragam, ada radio, kursi, koleksi piring, gerobak, surat-surat, dan masih banyak lagi.

Museum Pengabdian Kartini

Saat menikah dengan Raden Mas Djojodiningrat, Bupati Rembang, Kartini pindah ke Rembang. Rumah yang dulu ia tempati kini sudah berubah menjadi rumah dinas bupati. Lalu, kamar yang dulu ditempati Kartini diubah menjadi Museum Pengabdian Kartini.

Barang-barang yang ada di kamar ini tidak diotak-atik. Masih ada tempat jamu, kotak jahit, tulisan, dan lukisan tiga ekor angsa yang dibuat oleh Kartini. O ya, di kamar inilah Kartini menuliskan ide-idenya yang membuat penjajah Belanda khawatir. Di kamar ini pula, Kartini melahirkan putra tunggalnya, raden Mas Susalit.

Bagaimana Teman-teman? Apakah kamu tertarik untuk melihat Jejak R. A. Kartini di Jepara?

Sumber: Joko – Majalah Bobo, Foto: Ricky Martin