Wamena Kota di atas Gunung

By Ricky Martin, Jumat, 17 Maret 2017 | 23:08 WIB
Pemandangan Alam Wamena (Ricky Martin)

Wa..wa..wa.. Ini Wamena. Sebuah kota kecil di atas pegunungan Jayawijaya, Papua. Wamena mungkin tak segerlap kota-kota yang ada di pulau Jawa. Tidak ada mal atau pun gedung-gedung pencakar langit. Akan tetapi hal itu tak membuat warga di kota Wamena berkecil hati.

Sejuk Segar

Gunung dan lembah adalah istana mereka.  Kota Wamena terletak di ketinggian 1.789 mdpl. Suhu udara di sini terasa sangat sejuk dan segar. Tak ada polusi udara yang berarti di sini karena kendaraan bermotor dan pabrik tidak banyak.

Singgasana Suku Dani

Wamena adalah singgasana suku Dani, salah satu suku yang mediami lembah Baliem, Jayawijaya. Lembah Baliem ini menjadi urat nadi kehidupan mereka.

Mereka tinggal dan bertahan hidup dengan menggantungkan hidup kepada alam. Lembah Baliem menjadi daya tarik tersendiri bagi Papua, karena di sini suku Dani masih mempertahankan tradisi dan kebudayaan asli Papua.

Walaupun letaknya terpencil, Wamena sekarang banyak didatangi oleh pendatang dari luar Papua. Mereka pun turut membangun kota Wamena dengan berdagang menyediakan kebutuhan sandang dan pangan untuk penduduk asli Wamena.

Harga Selangit

Bukan rahasia lagi jika di kota Wamena harga kebutuhan pokok selangit alias mahal. Harga kebutuhan pokok di Wamena bisa 2-4 kali lipat dari pulau Jawa. Harga seporsi mie ayam dibandrol Rp. 30.000, wah..wah..wah wah mahal ya. Itu dikarenakan satu-satunya transportasi untuk membawa bahan pokok tersebut menggunakan pesawat terbang. Jadi tidak heran harganya jadi mahal.

Menurut penduduk asli Wamena, belum disebut mengunjungi Papua bila belum menginjakkan kaki di kota Wamena. Ada benarnya juga, karena disinilah pusat kebudayaan suku Dani yang melegenda. Alamnya indah budayanya luar biasa. Wa.wa.wa….