10 Langkah yang Harus Kamu Lakukan untuk Membuka Rekening Tabungan

By Dewi Setyawan, Senin, 20 Maret 2017 | 04:06 WIB
Anak menabung di bank (johnlinmagz.com) (Dewi Setyawan)

Apakah kamu ingin memiliki rekening tabungan di bank? Berikut ini 10 langkah yang harus kamu lakukan.

1. Sebaiknya kita menyiapkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, dan KTP orangtua.

2. Persiapkan uang tunai untuk setoran awal, sesuai dengan ketentuan minimum masing-masing produk dari masing-masing bank. 

3. Datang ke kantor bank bersama orang tua. Orangtua akan diminta untuk mengisi dan menandatangani formulir tabungan.

4. Ambil atau minta nomor antrian ke customer service.

5. Tunggu antrian hingga dipanggil.

6. Ketika dipanggil, perkenalkan diri dan sampaikan pada customer service keinginan untuk membuka rekening tabungan.

7. Customer service akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Dengarkan penjelasan customer service tersebut. Beberapa bank biasanya menawarkan tabungan Junior khusus untuk anak-anak di bawah 17 tahun.

8. Jika semua sudah dijelaskan, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, seperti biaya administrasi bulanan, fasilitas (ATM, internet banking, mobile banking, dan lain-lain), dan saldo minimum tabungan.

9. Pilih produk  yang ingin dibuat. Customer service akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi.  Formulir ini isinya tentang identitas diri kita seperti nama, telepon, tanggal lahir, alamat rumah, sekolah, nama ibu kandung, dan tanda tangan.  Persiapkan juga  salah satu nama saudara yang tidak serumah dengan kita, alamat beserta teleponnya untuk data keluarga darurat yang dapat dihubungi oleh bank.  Serahkan fotokopi akte kelahiran dan fotokopi kartu identitas orang tua. Isi slip setoran tunai dan serahkan uang pada customer service.

10. Setelah diproses, customer service akan mencetak buku tabungan. Jika tabungan kita memiliki fasilitas ATM, sustomer service akan menyiapkan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Selesai. Sekarang kamu sudah punya buku tabungan.