Sejak Kapan Manusia Mengonsumsi Roti?

By willa widiana, Sabtu, 2 September 2017 | 05:35 WIB
Konon, roti sudah ditemukan sejak ribSejak kapan manusia mengonsumsi roti?uan tahun lalu. (willa widiana)

Roti adalah salah satu makanan pokok bagi manusia. Selain enak dan mudah didapat, roti pun banyak jenisnya. Jadi, kita tidak akan bosan untuk mengonsumsi roti. Tetapi, sejak kapan manusia mengonsumsi roti?

Ribuan Tahun

Konon, roti sudah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Orang Mesir kuno lah yang berhasil menemukan roti. Tetapi, proses pembuatan roti diambil oleh bangsa Yunani. Nah, lewat bangsa Yunani roti berhasil menyebar ke daerah Eropa.

Biji Gandum

Sebelum menemukan roti, manusia mengonsumsi biji gandum sebagai makanan. Biji itu langsung dikonsumsi tanpa diolah.

Seiiring berjalannya waktu, orang zaman dulu mulai menumbuk biji gandum hingga menjadi tepung dan mencampurnya dengan air. Setelah itu, adonan tersebut akan dipanaskan di atas api hingga agak mengeras. Nah, makanan yang mirip roti canai inilah yang mereka konsumsi.

Tak Sengaja

Suatu hari, ada orang yang membuat adonan, tetapi lupa memanaskannya. Karena sudah didiamkan selama semalaman, adonan tersebut pun meragi.

Adonan yang sudah meragi itu tetap dipanaskan di atas api. Dan ternyata rasanya lebih enak dan lebih empuk setelah dibakar. Nah, sejak saat itulah orang-orang mulai meragikan rotinya agar lebih enak dan lebih empuk.

Pada abad pertengahan di Eropa, roti dijadikan makanan pokok.

Semenjak mesin pemotong roti ditemukan, proses pembuatan roti pun lebih banyak dilakukan oleh mesin.