Sup Sipirok, Kuliner Nikmat dari Medan

By Yomi Hanna, Rabu, 22 Maret 2017 | 03:41 WIB
Sup sipirok menu favorit. (Foto: asokaremadja.com) (Hanna Vivaldi)

Kota Medan sudah dikenal dengan kulinernya yang beranekaragam. Salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan jika datang ke Medan adalah sup sipirok.

Rumah Makan Sipirok

Nama Sipirok diambil dari nama salah satu daerah di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Seseorang yang berasal dari Sipirok merantau ke Kota Medan dan membuka rumah makan di sana. Agar tidak kehilangan identitas daerah asalnya, rumah makan ini pun dinamai Rumah Makan Sipirok.

Sup Sipirok yang Lezat

Sup sipirok merupakan menu populer di Rumah Makan Sipirok. Ada dua jenis sup yang kita temukan di rumah makan ini, seperti sup daging sapi dan sup sumsum tulang iga kerbau.

Resep lezat sup sipirok menggunakan campuran bumbu yang khas. Bumbu tersebut diracik lalu direbus hingga meresap ke dalam daging. Daging yang digunakan pun tidak sembarangan. Daging diambil dari bagian pinggul dan paha kerbau dengan kualitas nomor satu.

Sup sumsum tulang iganya disajikan hangat dan pengunjung menikmatinya dengan cara menyeruput sumsumnya menggunakan sedotan yang sudah disediakan di rumah makan tersebut. Rasanya sangat nikmat.

Menu tambahan lainnya yang tidak kalah lezat adalah daging bakar disiram sambal pedas, daun singkong tumbuk, ikan teri tawar, gulai ikan salai, ikan asam pedas dan udang kecepe.

Lokasi Rumah Makan Sipirok

Letak Rumah Makan Sipirok ini ada di Jalan Sunggal No. 14 yang tidak jauh dari Pasar Sei Sikambing, Medan. Rumah makan ini selalu dipenuhi pengunjung karena lokasinya yang mudah dijangkau dan rasa makanannya yang lezat.