Mandi di Air Soda Tarutung, Sumatera Utara

By Yomi Hanna, Rabu, 22 Maret 2017 | 09:23 WIB
Pemandian Air Soda Tarutung, Sumatera Utara. (Foto: phinemo.com) (Hanna Vivaldi)

Ada tempat wisata yang menarik di Desa Parbubu, Tarutung, Sumatera Utara. Di sana terdapat pemandian air soda. Kalau pemandian air panas sudah sering kita dengar, kalau pemandian air soda itu bagaimana ya?

Pemandian Air Soda Kedua di Dunia

Hanya ada dua tempat pemandian air soda di dunia. Yang pertama ada di Venezuela, Amerika Selatan dan yang ke dua ada di Sumatera Utara, Indonesia.

Tempat pemandian air soda yang ada di Sumatera Utara ditemukan pertama kali oleh seorang bidan tahun 1973. Bidan itu bernama bernama Minar Sihite. Dia tidak sengaja melihat sebuah mata air yang membentuk kolam di balik semak-semak dan bebatuan.

Air soda yang ada di tempat pemandian ini berwarna kemerahan. Karena warnanya, maka masyarakat setempat menyebut air soda itu aek rara. Dalam bahasa Batak Toba artinya air merah.

Objek Wisata Pemandian Air Soda

Pemandian air soda ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai objek wisata pada tahun 2004 oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Pemandian air soda ini selalu ramai. Pengunjung yang datang dari berbagai tempat, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kita tidak perlu membeli tiket masuk jika kita ingin mandi di kolam air soda ini. Karena biaya pengelolaan dan operasional pemandiannya diambil dari keuntungan penjualan makananan dan penyewaan pelampung.

Mandi di Air Soda

Mandi di air soda sangat menyenangkan. Dari mata air di dasar kolam, terdapat buih-buih yang mengalir melalui celah-celah batu. Rasanya berbeda dengan mandi air biasa, tubuh kita terasa ringan karena terkena gelembung-gelembung soda.

Tidak seperti minuman soda biasanya, soda yang ada di pemandian ini tidak lengket di kulit. Rasa airnya juga tidak manis karena tidak mengandung gula. Tapi hati-hati jika terkena mata, karena air sodanya dapat menyebabkan mata perih.

Manfaat Mandi di Air Soda

Mandi di air soda dipercaya memberikan manfaat bagi kesehatan. Seperti dapat menyembuhkan gatal-gatal, rematik, asam urat, dan sakit mata.