Kebun Bakteri di Tubuh

By willa widiana, Rabu, 22 Maret 2017 | 09:26 WIB
beberapa bakteri yang ada di tubuh kita bisa membuat kuatir dan gelisah. (willa widiana)

Ternyata, di dalam tubuh kita ada kebun bakteri, lo. Tetapi, kebun bakteri ini tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Kebun bakteri ini hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Seperti apa, ya, bentuk kebun bakteri itu?

Ribuan Jenis

Kebun bakteri ini ada di perut kita, tepatnya di dalam usus. Kebun ini dihuni oleh beragam bakteri. Bakteri yang ada di kebun ini sangat banyak, lo. Jumlahnya bisa mencapai miliaran. Jenis bakterinya juga beragam, bisa mencapai ribuan.

Bakteri yang ada di kebun itu banyak yang baik dan berguna bagi tubuh kita. Bakteri-bakteri baik itu harus kita pelihara dengan cara mengonsumsi makanan sehat.

Asal Bakteri

Kamu mungkin bertanya, “Dari mana bakteri itu berasal?” Ternyata, bakteri-bakteri itu sudah ada di dalam tubuh sejak kita dilahirkan oleh Ibu. Tetapi, ada juga bakteri yang berasal dari luar.

Bakteri yang berasal dari luar biasanya bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan tangan yang kotor. Jadi, kita juga harus menjaga kebersihan tangan agar bakteri jahat tidak masuk dan menganggu bakteri di kebun ini.

Berikut beberapa jenis bakteri yang ada di tubuh kita.

Penyakit tidur banyak menyerang penduduk Afrika. Penyakit ini ditularkan oleh gigitan lalat tse tse. Ludah lalat tse tse mengandung bakteri jahat Typanosoma brucei. Tubuh kita memerlukan bakteri Sodalis glossinidius, untuk melawan bakteri jahat itu.

Sumber: rna – Majalah Bobo, Ilustrasi: Ode