Rahasia Warna-Warni Pohon Pelangi

By willa widiana, Kamis, 23 Maret 2017 | 12:53 WIB
Rainbow Eucalyptus (willa widiana)

Coba perhatikan batang pohon yang ada di sekitarmu. Kebanyakan batang pohonnya berwarna cokelat hingga kehitaman. Tetapi, ada juga pohon yang batangnya warna-warni, seperti pelangi.

Rainbow Eucalyptus

Pohon dengan batang warna-warni itu bernama rainbow eucalyptus. Nama latinnya Eucalyptus deglupta. Pohon ini berasal dari wilayah bumi bagian utara dan menyebar ke Papua Nugini, Sulawesi, Seram, hingga ke Mindanao di Filipina.

Pohon ini tidak suka cuaca dingin. Jadi, ia lebih banyak tumbuh di daerah hutan hujan tropis yang hangat. O ya, rainbow eucalyptus termasuk pohon kayu putih, tapi ia tidak bisa menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon kayu putih pada umumnya.

Kenapa Warna-Warni?

Saat ada kulit yang mengelupas, bagian dalam yang berwarna hijau akan terlihat. Setelah itu, kulit baru pun akan tumbuh. Nah, kulit baru itu bisa tumbuh dalam beragam warna, ada oranye, merah, hingga warna biru.

Kulit yang ada di batang pohon rainbow eucalyptus memang sering terkelupas. Tetapi, proses pergantian kulit ini tidak terjadi secara bersamaan. Nah, hal inilah yang membuat warna pohon rainbow eucalyptus tidak seragam.

Batang pohon rainbow eucalyptus ini bisa dijadikan bahan untuk membuat kertas. Meski batangnya warna-warni... kertas yang dihasilkan tetap berwarna putih.

Teks: Dwi/Arsip Bobo, Foto: Creative Commons