7 Hal yang Tidak Boleh Dibagi di Dunia Digital

By Sylvana Toemon, Kamis, 20 Juli 2017 | 09:15 WIB
7 hal yang tidak boleh dibagi di dunia digital (Sylvana Toemon)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berbagi di dunia digital. Apa yang kita bagikan, bisa dilihat oleh semua orang di seluruh dunia. Padahal tidak semua orang berniat baik, lo. Apa sajakah yang tidak boleh dibagikan?

  1. Alamat rumah. Jangan cantumkan alamatmu di situs yang bisa dilihat oleh semua orang. Bagikan alamatmu hanya kepada orang yang sudah kamu kenal baik.
  2. Kata kunci. Hampir semua akun di dunia maya menggunakan kata kunci. Jagalah kata kuncimu hanya untuk diri sendiri. Jangan sampai ada orang yang meretas akunmu.
  3. Kebencian dan keluhan. Mungkin kamu kesal dan membenci keadaan atau temanmu. Kamu ingin membagikannya kepada orang lain. Sebelum membagikannya, pikirkan dulu apakah ada gunanya.
  4. Pamer uang dan kekayaan. Tidak semua orang di dunia ini memiliki kekayaan yang sama. Pamer akan membuat orang yang melihatnya iri. Kamu juga tidak suka, kan, punya teman yang suka pamer?
  5. Kegiatan di kamar mandi. Apa yang kita lakukan di kamar mandi seharusnya rahasia dan tidak perlu dibagikan. Jangan bagikan fotomu yang sedang tidak berpakaian atau berpakaian tidak pantas.
  6. Surat penting. Surat-surat penting seperti akta kelahiran, ijazah, atau buku tabungan tidak perlu dipamerkan di dunia maya.
  7. Berita yang belum tentu benar atau hoax. Di dunia maya, banyak sekali informasi dan berita. Belum tentu semuanya benar. Cek dulu kebenarannya. Apabila beritanya benar dan berguna, baru disebarkan.

Tips Berbagi di Dunia Digital

Sebelum membagikan sesuatu di dunia digital, cek dulu beberapa hal ini:

Apakah itu penting?

Apakah itu benar?

Apakah itu berguna?

Apakah itu baik?

Nah, itu adalah 7 hal yang tidak boleh dibagikan di dunia digital. Bagikan artikel ini di media sosial yang kamu miliki, agar teman-temanmu mengetahuinya.