Bisakah Wahana Antariksa Terbang ke Matahari?

By Lita Maha, Jumat, 24 Maret 2017 | 09:19 WIB
Misi Wahana Antariksa Solar Probe Plus yang akan mendekati Matahari. (foto : Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory) (Lita Maha)

Matahari sangat panas! Mungkinkah kita bisa mengirim wahana antariksa terbang ke sana? 

Para ahli ingin meneliti banyak hal yang masih misterius di Matahari. Satu-satunya cara untuk menelitinya, para ahli harus mendekati Matahari. Karena itu, mereka bertekad ingin mengirim wahana antariksa ke Matahari.

Tahun 2018, para ahli dari badan antariksa NASA akan meluncurkan misi wahana antariksa tanpa awak ke Matahari. Misi wahana antariksa itu adalah Solar Probe Plus.

Solar Probe Plus pasti meleleh hancur kalau mendarat di permukaan Matahari. Nah, karena itu, Solar Probe Plus hanya akan mendekati Matahari.

Rencananya, Solar Probe Plus akan mendekati Matahari dalam jarak 6 juta km. Itu adalah jarak paling dekat yang dilakukan wahana antariksa buatan manusia untuk mendekati Matahari.

Dulu, ada wahana antariksa yang pernah mendekati Matahari, tetapi jaraknya tidak sedekat Solar Probe Plus. Wahana antariksa Helios 1 dan Helios 2 mendekati Matahari dalam jarak 46,5 juta km dan 43,5 juta km. 

Apa yang akan diteliti Solar Probe Plus? Misi wahana antariksa itu akan meneliti mengapa permukaan Matahari tidak sepanas atmosfer Matahari. Suhu permukaan Matahari adalah 5.500º C. Sementara itu, suhu atmosfer Matahari adalah 2.000.000º C.

Selain suhu, para ahli juga ingin meneliti tentang kecepatan angin Matahari dan tentang partikel-partikel Matahari yang berenergi tinggi yang sangat berbahaya.

Supaya aman mendekati Matahari, Solar Probe Plus dirancang dari bahan-bahan yang kuat menghadapi suhu panas Matahari.

Jadi, berhasilkah misi wahana antariksa Solar Probe Plus mendekati Matahari? Kita tunggu saja tahun depan!

Sumber data : NASA