Cerita Tersembunyi di Balik Curug Sang Hyang Taraje Garut

By willa widiana, Jumat, 24 Maret 2017 | 09:24 WIB
Curug Sang Hyang Taraje, di Garut (willa widiana)

Curug Sang Hyang Taraje merupakan air terjun yang tersembunyi dibalik bukit-bukit. Air terjun ini terletak di Kampung Kombongan, Desa Pankenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat.

Tangga Misterius

Curug ini tingginya sekitar 100 meter. Di balik ketinggian air terjun yang berkabut ini, tersimpan kisah-kisah misterius.

Konon, curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Selain itu, curug ini juga digunakan oleh Sangkuriang saat mengambil bintang untuk Dayang Sumbi.

Legenda setempat juga menyebutkan bahwa di dekat curug ada batu berbentuk tapak yang dipercaya sebagai tapak Sangkuriang.

Karena legenda itu, curug ini diberi nama Curug Sang Hyang Taraje. Jika dilihat dari jauh, curug ini memang terlihat seperti taraje - tangga yang terbuat dari batang bambu.

Rute Perjalanan

Objek wisata ini letaknya 47 kilometer dari Kota Garut. Untuk mencapainya, kita bisa mengambil jalan ke arah Cikajang. Lalu, ambil jalur kanan di pertigaan sebelum Kota Cikajang. Di jalur ini, kita akan melewati objek wisata Curug Orok dan bertemu dengan pertigaan yang ada di Desa Cisandaan.

Dari pertigaan itu, kita ambil arah kanan, ya! Nantinya, kita akan menemukan Desa Pakenjeng. Nah, lokasi Curug Sang Hyang Taraje tak jauh dari desa itu. O ya, keadaan jalan dari Garut hingga Desa Cisandaan cukup bagus. Akan tetapi, dari Desa Cisandaan hingga lokasi jalannya cukup jelek.

Tetapi, perjalanan melewati jalanan jelek itu akan terbayar setelah kamu melihat keindahan Curug Sang Hyang Taraje secara langsung.

Foto: nativeindonesia.com, advjourney.com