Mengenal 3 Pencipta Lagu Anak yang Populer

By Yomi Hanna, Jumat, 24 Maret 2017 | 11:33 WIB
Foto: freepik.com (Hanna Vivaldi)

Lagu anak-anak yang berjudul Pelangi, Kebunku, Satu-Satu, dan beberapa lagu anak lainnya pernah menemani kita waktu kecil. Tetapi tahukah kamu siapa pencipta lagu-lagu tersebut? Yuk, kite mengenal 3 pencipta lagu legendaris berikut ini.

1. A.T. Mahmud

Nama lengkap Pak A.T. Mahmud adalah Abdullah Totong Mahmud. Ia lahir pada 3 Februari 1930 di Kampung 5 Ulu Kedukan Anyar, Palembang, Sumatera Selatan. Pak A.T. Mahmud merupakan anak kelima dari sepuluh bersaudara. Dia senang sekali dengan dunia anak dan dunia musik.

Pada tahun 1963, Pak A.T. Mahmud bekerja sebagai guru dan mengajar di Sekolah Guru Taman Kanak-kanak (SGTK). Di situlah pertama kali dia menciptakan sebuah lagu yang berjudul Pelangi.  Setelah itu ada banyak lagu lainnya yang diciptakannya. Beberapa di antaranya adalah lagu Paman Datang, Bintang Kejora dan Bulan.

Lagu-lagu Pak A.T. Mahmud banyak disenangi. Ia pun mendapatkan berbagai penghargaan. Pada tahun 1999 ia mendapatkan piagam hadiah seni dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, lalu di tahun 2003 ia juga mendapatkan tanda kehormatan bintang budaya prama dharma dari Pemerintah Indonesia. Selain itu, pada Anugerah Musik Indonesia Pak A.T. Mahmud mendapatkan penghargaan Lifetime Achievment.

2. Ibu Sud

Ibu Sud yang bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio adalah seorang pencipta lagu anak-anak. Ia lahir pada 26 Maret 1908 di Sukabumi, Jawa Barat. Ibu Sud sudah menciptakan lagu sebelum Indonesia merdeka. Beberapa lagu yang diciptakannya adalah Tik-tik Bunyi Hujan, Desaku, dan Burung Kutilang. Lagu ini masih sering dinyanyikan hingga sekarang.

Selain menciptakan lagu anak-anak, Ibu Sud juga menciptakan lagu wajib nasional. Beberapa di antaranya adalah Tanah Airku, Berkibarlah Benderaku, dan Hymne Kemerdekaan. Ia juga aktif sebagai pemusik, guru musik, penyiar radio, dan seniman batik.

Ibu Sud sudah menciptakan 480 lagu anak-anak dan karena itu ia mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Empu atau sang ahli pembuat Lagu Anak-anak Indonesia.

3. Pak Kasur

Pak Kasur memiliki nama asli Soerjono. Dulunya ia sering dipanggil dengan sebutan Kak Soer oleh teman-temannya. Lama kelamaan sebutan itu berubah menjadi Kasur. Ketika dia sudah sering menciptakan lagu anak-anak, panggilannya menjadi Pak Kasur.

Lagu-lagu yang diciptakan Pak Kasur di antaranya Potong Bebek Angsa, Satu-satu, Kebunku, Bangun Tidur. Selain aktif menciptakan lagu anak, ia juga gemar siaran dan mendongeng. Sifatnya yang humoris di dalam kesehariannya membuat ia disenangi banyak anak.