Sejarah Hari Raya Nyepi

By Putri Puspita, Senin, 27 Maret 2017 | 11:40 WIB
Ilustrasi Pelaksanaan Nyepi (Foto: http://www.hindu-dharma.org) (Putri Puspita)

Hari Raya Nyepi diperingati sebagai awal memulai tahun baru Saka. Rangkaiannya dimulai dengan perayaan yang diwarnai ramainya arak-arakan hingga khusuknya kesunyian untuk introspeksi diri.

Pertikaian antar Suku

Pertikaian antar suku-suku bangsa, seperti Suku Saka, Pahiava, Yueh Chi, Yavana, dan Malaya berlangsung silih berganti. Gelombang perebutan kekuasaan antar suku menyebabkan terombang-ambingnya kehidupan beragama pada saat itu.

Setelah pertikaian yang panjang pada akhirnya suku Saka menjadi pemenang dibawah pimpinan Raja Kaniskha I. Raja Kaniskha I dinobatkan menjadi Raja dan turunan Saka pada tanggal 1 (satu hari sesudah tilem) bulan 1 (caitramasa) tahun 01 Saka, pada bulan Maret tahun 78 masehi.

Pergantian Tahun Saka

Kemenangan Suku Saka menjadi awal peringatan pergantian tahun saka. Hal ini dikaitkan dengan keberhasilan kepemimpinan Raja Kaniskha I menyatukan bangsa yang tadinya bertikai dengan paham keagamaan yang saling berbeda.

Sejak tahun 78 Masehi itulah ditetapkan adanya tarikh atau perhitungan tahun Saka. Tahun Saka memiliki 12 bulan dan bulan pertamanya disebut Caitramasa. Hal ini juga bersamaan dengan bulan Maret tahun Masehi dan Sasih Kesanga dalam tahun Jawa dan Bali di Indonesia. Sejak itu pula kehidupan bernegara, bermasyarakat dan beragama di India ditata ulang.

Hari Kebangkitan

Peringatan Tahun Baru Saka bermakna sebagai hari kebangkitan, hari pembaharuan, hari kebersamaan (persatuan dan kesatuan), hari toleransi, hari kedamaian sekaligus hari kerukunan nasional.

Keberhasilan ini disebar-luaskan keseluruh daratan India dan Asia lainnya bahkan sampai ke Indonesia.

Kehadiran Sang Pendeta Saka bergelar Aji Saka tiba di Jawa di Desa Waru Rembang, Jawa Tengah, pada tahun 456 Masehi. Kala itu, pengaruh Hindu di Nusantara telah berumur 4,5 abad. Di sanalah disebarkan Tahun Baru Saka ini.

Di Indonesia, pergantian Tahun Baru Saka itu kemudian diperingati sebagai Hari Raya Nyepi.