Inilah 5 Jenis Olahraga Otak yang Bisa Kita Lakukan Sehari-hari

By Yomi Hanna, Sabtu, 5 Agustus 2017 | 08:42 WIB
Olahraga otak sangat perlu kita lakukan. (Foto: spring.org.uk) (Hanna Vivaldi)

Otak adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam mengendalikan organ tubuh lainnya, agar bisa bekerja dengan baik. Untuk meningkatkan kualitas kerja otak di dalam tubuh kita, ternyata kita perlu melakukan olahraga otak, lo. Apa saja jenis olahraga otak yang bisa kita lakukan?

1. Menggunakan Tangan Kanan dan Kiri

Kita bisa melakukan olahraga otak dengan cara melatih tangan yang jarang kita gunakan untuk melakukan beberapa kegiatan. Jika kita biasanya menggunakan tangan kanan untuk melakukan apa saja, cobalah sesekali menggunakan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya, jika kita sering menggunakan tangan kiri, sesekali kita perlu menggunakan tangan kanan.

Melatih tangan kanan dan kiri ini bisa kita lakukan pada saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi, dan menyisir rambut. Fungsinya, hungan antar saraf di otak kita dapat lebih kuat dan dapat membentuk saraf yang baru.

2. Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak. Baik itu membaca yang ringan seperti komik atau majalah maupun membaca buku pelajaran di sekolah. Membaca juga dapat meningkatkan daya ingat otak.

3. Bermain Puzzle atau Teka-teki Silang

Tidak hanya belajar, dengan bermain kita juga sedang melakukan olahraga otak. Beberapa jenis permainan yang dapat melatih otak adalah mengisi teka-teki silang (TTS), menyelesaikan puzzle, Sudoku dan jenis puzzle lainnya. Bermain TTS dan puzzle ini secara khusus dapat melatih otak kiri.

4. Permainan Strategi

Olahraga otak juga dapat berfungsi untuk meningkatkan nilai kreativitas kita yaitu dengan bermain catur, monopoli, permainan di komputer ataupun di gadget.

5. Mencari Hobi Baru

Jika selama ini kita cuma bisa melakukan satu hobi, carilah hobi lain yang menarik. Misalnya jika kamu suka dengan dunia musik dan kamu bisa memainkan piano, cobalah untuk belajar memainkan alat musik gitar, biola, atau alat musik lainnya. Begitu juga kalau kamu hobi membaca, cobalah hal lain seperti belajar untuk menuliskan sebuah cerita. Temukan sesuatu yang baru dan menarik untuk menjaga otak kita tetap aktif.