Dali ni Horbo, Keju Batak yang Wajib Dicoba

By Yomi Hanna, Rabu, 29 Maret 2017 | 03:44 WIB
Dali ni Horbo atau Keju Batak. (Foto: panatapan.com) (Hanna Vivaldi)

Dali ni Horbo adalah makanan khas di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Sebutan lain dari makanan ini adalah keju batak. Disebut seperti itu karena cara membuat dan bentuk Dali ni Horbo yang mirip keju.

Sejarah Dali ni Horbo

Nama Dali ni Horbo berasal dari Bahasa batak, “Dali” yang artinya susu, sedangkan “Horbo” artinya kerbau. Sehingga makanan khas Batak daerah Tapanuli ini merupakan olahan air susu kerbau yang dimasak secara tradisional dan tanpa bahan pengawet.

Pembuatan Dali ni Horbo adalah tradisi yang sudah dimulai sejak adanya leluhur orang Batak yang membuat perkumpulan sukunya. Sejak saat itu, makanan ini hampir selalu ada di setiap rumah orang Batak. Dali ni Horbo biasanya dimakan tanpa nasi, atau diolah lagi menjadi arsik (makanan berbumbu kuning khas Batak).

Kandungan Gizi dan Rempah-rempah

Kandungan gizi yang terdapat di Dali ni Horbo adalah lemak, karbohidrat, dan protein. Makanan ini dapat memberikan khasiat tambahan pada tubuh kita jika makanan ini diolah dengan menggunakan rempah-rempah tradisional orang Batak. Rempah-rempah yang sering digunakan dalam pengolahan makanan ini adalag kunyit, jahe, andaliman, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Membuat Dali ni Horbo

Membuat Keju Batak ini tidak sulit dan semua bahan yang digunakan sangat sederhana. Bahan-bahannya seperti 1 liter susu kerbau atau susu sapi, air perasan satu lembar daun pepaya hijau yang segar, dan air perasan dari setengah buah nanas yang segar. Daun pepaya digunakan untuk mengurangi bau amis susu, sedangkan nanas digunakan untuk membantu proses pengentalan Dali ni Horbo.

Cara membuatnya, yaitu dengan memasukkan susu kerbau atau sapi ke dalam panci yang bersih, lalu direbus selama 10 menit hingga mendidih. Api kompor dikecilkan, setelah itu ditambahkan air perasaan nanas sampai menjadi kental dan air perasaan daun pepaya secukupnya. Jika sudah mendidih, semuanya dituangkan ke cetakan dan biarkan hingga dingin. Jika ada kulkas, bisa didinginkan ke dalam kulkas agar hasilnya semakin segar. Tekstur Dali ni Horbo biasanya lembut seperti tahu dengan aroma susunya yang khas.

Arsik Dali ni Horbo

Dali ni Horbo bisa langsung dimakan begitu saja karena sebelumnya sudah dimasak, tetapi sebenarnya akan lebih nikmat jika dimasak lagi menggunakan bumbu arsik. Arsik adalah masakan khas suku Batak yang biasanya menggunakan bumbu khas Batak Andaliman. Bumbu ini juga yang digunakan dalam masakan ikan naniura. sama halnya dengan Naniura. Rasa Dali ni Horbo yang sudah diarsik akan lebih enak dan nikmat untuk disantap.