Inilah 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Kita Hindari Ketika Batuk

By Yomi Hanna, Jumat, 31 Maret 2017 | 04:03 WIB
Ilustrasi: Ode | Bobo.ID (Hanna Vivaldi)

Kita semua pasti pernah mengalami sakit batuk. Batuk adalah penyakit pada saluran pernapasan yang sering menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan. Batuk dapat menjadi lebih parah jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang salah. Sebaiknya kita menghindari makanan dan minuman di bawah ini jika kita sedang batuk.

1. Susu, keju, dan yoghurt

Menurut ilmu kedokteran, makanan seperti susu, keju, dan yoghurt dapat merangsang keluarnya lendir yang banyak ketika kita batuk. Ini membuat batuk kita menjadi berdahak dan semakin parah.

2. Gorengan

Jika kita sedang batuk, lebih baik tidak usah mengonsumsi makanan yang digoreng. Apalagi kalau jenis batuknya adalah batuk kering. Gorengan hanya akan membuat tenggorokan kita semakin kering. Ini juga membuat kita akan semakin sering batuk dan tenggorokan menjadi sakit.

3. Minuman dingin dan es krim

Mengonsumsi minuman dingin dan es krim pada saat batuk dapat memperparah kondisi. Karena perubahan suhu yang ditimbulkan akibat minuman dingin dan es krim dapat menyebabkan saluran pernapasan menjadi iritasi.

4. Makanan penyebab alergi

Batuk dapat disebabkan karena kita alergi makanan tertentu. Jika keadaannya seperti ini, kita perlu menghindari makanan atau minuman penyebab alergi batuk tersebut. Misalnya apakah karena makanan laut, kacang, telur, atau makanan lainnya, sebaiknya jangan dimakan.

5. Makanan mengandung gula

Gula bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun dengan cepat. Gula juga bisa menjadi pemicu asma sehingga menyebabkan sesak napas. Makanan yang mengandung gula itu seperti kue kering dan permen.