Mengenal Kipas Laut, Mahluk Indah Laut Dangkal

By willa widiana, Jumat, 31 Maret 2017 | 10:35 WIB
Kipas laut atau sea fan. (willa widiana)

Konon, makhluk di lautan lebih banyak daripada makhluk di daratan. Hal itu tidak mengherankan, karena laut lebih luas daripada daratan. Kali ini, kita akan membahas satu penghuni laut yang indah. Namanya adalah kipas laut atau sea fan. Seperti apa, ya, kipas laut itu?

Koral

Kipas laut merupakan sejenis koral yang berasal dari genus Gorgonia. Koral jenis ini memiliki polip silinder yang tumbuh bersamaan. Uniknya, polip silinder itu tumbuh membentuk pola kipas. Nah, itulah yang membuat makhluk ini disebut kipas laut.  Setiap polip memiliki delapan tentakel yang berfungsi untuk menangkap planklton (makanan kipas laut).

Banyak spesies

Kipas laut bisa ditemukan di semua perairan dangkal, seperti pantai Atlantik, Florida, Bermuda, dan Hindia Barat. Tapi, mereka biasanya hidup di perairan yang berarus. Saat ini, ada 500 spesies Gorgonia. Setiap spesies biasanya memiliki pola cabang yang berbeda-beda. Tapi, setiap kipas laut biasanya tumbuh hingga 60cm (2 kaki).

Kerja sama

Kipas laut biasanya melakukan kerja sama dengan beberapa makhluk laut, seperti hydrozoa, bryzoa, dan bintang rapuh. Selain itu, salah satu jenis kuda laut (pygmy seahorse) dan beberapa jenis ikan juga melakukan kerja sama dengan kipas laut.

Kipas laut juga punya alat pertahanan berupa senyawa organik. Senyawa itu berfungsi untuk menjauhkan predator. Meski begitu, siput lidah flamingo dari genus Cyphoma tidak terpengaruh dengan senyawa itu.

Sumber: mongabay.com, Foto: flickr.com