Ajaibnya Air Mata

By Marisa Febrilian, Jumat, 31 Maret 2017 | 10:37 WIB
Air mata bermanfaat untuk kesehatan mata (Marisa Febrilian)

Sst, tahukah kamu kalau menangis adalah salah satu cara menjaga kesehatan matamu. Wah kenapa bisa begitu, ya?

Air Mata dan Kesehatan

Pernahkah kamu mengeluarkan air mata? Yap, jawabannya pastilah pernah. Ketika kita lahir ke dunia pertama kali, hal pertama yang kita lakukan adalah menangis. Ada kejaiban di balik air mata yang keluar itu. Ketika menangis, air matamu itu membasahi bola mata dan juga kelopak mata. Selain itu air mata bisa mencegah terjadinya dehidrasi pada membran mata, sehingga membuat penglihatan menjadi lebih jelas.

Pelindung dari Bakteri

Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut Lizosom. Ketika kamu mengeluarkan air mata selama 3-5 menit, artinya sebanyak 90-95% bakteri yang ada di dalam mata sudah dikeluarkan oleh cairan Lizosom. Itu sebabnya air mata sering disebut sebagai pembunuh bakteri alami.

Pembangkit Suasana Hati

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata saja, menangis bisa juga membangkitkan suasana hati, lo. Saat kamu sedang emosi, lebih baik kalau kamu mengeluarkannya. Air mata yang keluar karena emosi manghasilkan 24% protein albumin yang berfungsi untuk mengatur metabolisme di dalam tubuh. Sst, protein albumin yang keluar dari air mata lebih baik daripada yang ditimbulkan karena iritasi mata.

Menarik bukan keajaiban air mata bagi kesehatan kita. Setuju?

Ilustrasi : Ode*