Habal-Habal, Kendaraan Bersayap Asal Filipina

By Danastri Permata Putri, Selasa, 4 April 2017 | 08:56 WIB
Habal-Habal (Danastri Permata Putri)

Sekilas terlihat seperti sepeda motor. Tetapi, habal-habal bukanlah sepeda motor biasa. Kendaraan ini bisa menampung sampai 10 penumpang, lo. Wow!

Memiliki Sayap

Habal-habal adalah transportasi yang dapat kita ditemukan di Filipina, tepatnya di daerah Mindano. Nama lain dari kendaraan ini adalah skylab. Kenapa skylab? Ternyata, itu karena bentuknya mirip dengan satelit luar angkasa Amerika Serikat. Kendaraan ini merupakan sebuah sepeda motor biasa yang ditambah papan kayu di sisi kanan dan kirinya. Jadi, sepeda motor ini seperti memiliki sayap. Wah, keren juga, ya!

Anti Tilang

Habal-habal hanya terdapat di desa-desa terpencil. Itu sebabnya, tidak ada polisi yang akan menilang pengendara Habal-habal. Kendaraan ini digunakan untuk daerah yang memiliki jalanan tidak rata dan sempit, sehingga mobil tidak dapat lewat. Para petani sering menggunakan kendaraan ini untuk membawa hasil panennya ke pasar. Dengan habal-habal, semua hasil panen dapat terangkut.

Mengangkut Banyak Orang

Tetapi tidak hanya untuk mengangkut hasil panen, kendaraan ini juga sering digunakan untuk mengangkut orang. Tidak jarang turis-turis menaiki habal-habal karena penasaran dengan sensasinya. Jika biasanya sepeda motor biasa hanya untuk dua orang, habal-habal bisa menampung hingga 10 penumpang, bahkan lebih! Wah, bagaiama ya, rasanya?

Tetap Aman

Tetapi, apakah kendaraan ini aman? Tenang saja! Pengemudi habal-habal sangat ahli dalam menyeimbangkan muatan. Mereka juga sudah terlatih mengemudi di jalanan yang sempit dan tidak rata. Jadi, penumpang akan aman sampai tujuan. Namun kenyamanan habal-habal masih kurang. Maklum saja, sayap tambahannya kan terbuat dari papan, dan tidak diberi busa. Jadi siap-siap saja menderita pegal-pegal setelah naik habal-habal.

Tapi sepertinya asyik juga, ya, naik habal-habal!