Sky Cycle, Roller Coaster Tanpa Mesin

By Danastri Permata Putri, Selasa, 4 April 2017 | 09:05 WIB
Sky Cycle, Roller Coaster Tanpa Mesin (Danastri Permata Putri)

Jika kamau suka naik roller coaster, kamaua pasti juga akan suka naik Sky Cycle. Wahana unik ini mirip dengan roller coaster, tetapi tanpa mesin. Hm, lalu bagaimana ya, cara bergeraknya?

Tanpa Mesin

Sky Cycle dibangun di sebuah perbukitan di Jepang, tepatnya di Washuzan Highland Amusement Park, kota Okayama. Berbeda dengan roller coaster yang digerakkan oleh mesin, Sky Cycle justru tidak membutuhkan mesin untuk bergerak.

Yap, kita sendiri yang harus membuat wahana ini bergerak. Sky Cycle merupakan wahana yang dibuat seperti perpaduan antara roller coaster dan sepeda. Jadi, kita harus mengayuh layaknya naik sepeda untuk menggerakkan wahana ini. Sky Cycle berjalan di atas lintasan rel. Masing-masing Sky Cycle bisa untuk dua orang, dan mereka harus mengayuhnya bersamaan.

Untuk yang Suka Ketinggian

Yang membuat jantung berdegub kencang, lintasan rel tersebut berada di tempat yang cukup tinggi. Walaupun tidak ada tanjakan dan turunan yang ekstrem, tapi ketinggian Sky Cycle cukup membuat ngeri. Apalagi, wahana ini dibuat tanpa penutup, jadi kita bisa langsung melihat pemandangan yang ada di bawah dengan leluasa. Karena dibangun di daerah perbukitan, pemandangan dari Sky Cycle sangat indah. Apalagi jika melewati jembatan Shimotsui-Seto. Waah, pemandangannya menakjubkan!

Tetap Aman

Sky Cycle dibekali dengan keranjang di bagian depan. Fungsinya untuk meletakkan barang bawaan kita. Persis seperti sepeda kita, ya? Selain itu, wahana ini juga memiliki rem yang sama dengan rem sepeda. Sky Cycle juga dilengkapi dengan sabuk pengaman sederhana, berfungsi untuk memastikan agar kita tidak terjatuh dari kursi. Jadi jangan khawatir, kita akan tetap aman walau bersepeda di ketinggian.

Wah, sepertinya seru sekali ya, bersepeda di ketinggian sambil menikmati pemandangan bukit yang indah!