5 Tips Menjaga Kesehatan Lidah yang Jarang Kita Ketahui

By Putri Puspita, Selasa, 4 April 2017 | 10:44 WIB
Pentingnya menjaga kesehatan lidah (Foto: vemale.com) (Putri Puspita)

Jika tidak ada lidah, maka kita tidak dapat mengecap berbagai rasa makanan. Namun, kita sering kali lupa menjaga kesehatan lidah. Berikut adalah tips untuk merawat lidahmu.

1. Membersihkan lidah

Para ahli mengatakan bahwa cara terbaik untuk merawat lidah adalah dengan menggunakan pengikis lidah (scrapper) yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan bakteri dari permukaan lidah. Tidak perlu sering. Cukup membersihkan lidah ketika memang ada lapisan yang dirasa mengganggu.

2. Memperhatikan jenis makanan

Selain buah-buahan, para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman prebiotik seperti yogurt untuk membantu menghilangkan bakteri yang bersarang pada tubuh, terutama di bagian lidah.

3. Membiasakan diri untuk menyikat gigi atau berkumur setelah makan

Kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan dapat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi penyebab gigi berlubang. Cara praktis lain yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur-kumur setelah makan.

4. Menghindari penggunaan aksesoris pada lidah

Menindik lidah dapat membawa dampak berbahaya bagi kesehatan, seperti terjadinya resiko infeksi yang akan meningkatkan jumlah bakteri maupun kuman pada lidah.

5. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan pada bagian mulut. Partikel-partikel yang terdapat dalam kedua senyawa tersebut dapat melapisi bagian dalam mulut, termasuk lidah. Hal ini akan membuat terjadinya bau mulut.