Mengungkap 3 Rahasia Menakjubkan Danau Garam di Tanzania

By Marisa Febrilian, Selasa, 4 April 2017 | 10:22 WIB
Danau Natron (Marisa Febrilian)

Sekilas tak ada yang istimewa dengan danau ini. Tetapi, kalau kita melihat lebih ke dalam lagi, rupanya danau ini memiliki keistimewaan. Inilah 3 rahasia menakjubkan danau garam di tanzania yang baru terungkap.

1. Danau tetapi airnya asin

Ini bukan laut, tetapi danau yang memiliki air yang asin. Danau ini mengandung mineral yang tinggi. Kedalaman danau ini hanya 3 meter. Kadar garam yang tinggi membuat danau ini diberi nama danau Natron (Natrium Karbonat Dekahidrat). Ssstt..zat kimia yang ada di danau ini, sama seperti zat-zat yang digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk mengawetkan mumi. O ya, pH air danau ini bisa mencapai 10,5 dan suhu airnya bisa naik hingga 60 derajat celcius. Air di sini bisa membakar kulit, lo. Wow! Panaaaaaas.

2. Hewan yang tercebur berubah menjadi batu

Bukan sulap, bukan sihir! Danau ini bisa merubah hewan-hewan yang tercebur ke dalamnya menjadi batu. Ihiiiy..seram ya! Kenapa hewan-hewan itu berubah menjadi batu? Karena mereka belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kaustik (lingkungan yang panas akibat reaksi kimia) di sekitar danau. Menurut, hasil penelitian, bangkai hewan yang mati tidak akan terurai, garam yang ada di dalam danau membentuk lapisan kerak dan akan bertahan selamanya. Garam ini adalah kapur magmatik yang keluar akibat letusan gunung Ol Doinyo Lengai.

3. Meski seram, ternyata ada penghuninya

Eits, meskipun terkesan menyeramkan, tetapi ada burung berkaki panjang dan berwarna cantik yang tinggal di sekitar danau. Yap! Burung Flaminggo. Burung merah muda ini, menjadi pemanis danau yang berada di Tanzania, Afrika Utara. Tidak hanya burung Flaminggo, ada juga ikan Alcolapia Alcalica yang hidup di dalam air danau ini. Bentuk ikan ini mirip dengan ikan nila, bedanya ikan Alcolapia Alcalica dapat tinggal di air yang mengandung garam.

Meskipun terlihat seram, tetapi danau ini tetap memesona, kan?

Sumber foto: Creative Commons