Rahasia Rumah Iglo Tidak Mencair

By Danastri Permata Putri, Rabu, 5 April 2017 | 04:08 WIB
Iglo, Bangunan dari Es yang Tidak Meleleh, sumber: turbosquid (Danastri Permata Putri)

Bangunan ini terbuat dari balok es. Walaupun begitu, iglo bisa berdiri dengan kuat dan tidak leleh. Hm, bagaimana bisa begitu, ya?

Hanya Sementara

Iglo adalah bangunan yang digunakan orang-orang Eskimo untuk tempat tingal sementara. Biasanya mereka membangun Iglo saat berburu atau sedang dalam perjalanan. Iglo dapat dibangun dengan cepat dan bisa bertahan cukup lama.

Dari Balok Salju

Bangunan ini dibuat dari susunan balok salju yang dipadatkan. Untuk membuatnya, sebuah parit digali sepanjang 1,5 meter dan sedalam 50 cm di tumpukan salju yang baru.

Dari permukaan parit, balok es dipotong menggunakan pisau. Memotongnya harus sedemikian rupa agar dapat berbentuk condong ke dalam jika disusun. Iglo memiliki ventilasi yang berupa kubah di bagian atapnya, seperti cerobong asap. Sebuah iglo kecil dapat dibangun hanya dalam beberapa jam saja.

Dibakar Dahulu

Ketika sudah selesai dibangun, orang-orang Eskimo akan menyalakan lampu yang terbuat dari lemak dan membuatnya terbakar sepanas mungkin. Kemudian pintu ditutup dengan balok es dan membuat ruangan kedap udara. Salju akan mulai meleleh. Tetapi karena atap kubahnya melengkung, air lelehan salju tidak menetes. Air ini akan meresap ke dalam balok es, sehingga hampir seluruhnya basah. Jika balok-balok itu sudah cukup basah, lampu dimatikan dan pintu dibuka. Udara dingin segera berhembus ke dalam. Dalam beberapa menit, bangunan salju yang rapuh berubah menjadi iglo, kubah es yang kuat!

Bangunan yang Kuat

Bangunan ini begitu kuat. Iglo tidak akan rusak walau beruang salju naik ke atapnya. Karena sangat padat dan keras, iglo tidak meleleh dan bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Tapi tentu saja, saat musim dingin berakhir dan suhu meningkat, bangunan ini akan mulai leleh dengan perlahan.