Angkor Wat, Candi Terbesar di Dunia

By Danastri Permata Putri, Kamis, 6 April 2017 | 02:40 WIB
Angkor Wat, sumber: Lonely Planet (Danastri Permata Putri)

Candi terbesar di dunia ini terletak di pedalaman hutan Kamboja. Angkor Wat memiliki lahan yang luas, sampai-sampai tidak mungkin mengunjunginya hanya dalam satu hari.

Candi Terbesar

Angkor Wat merupakan candi terbesar di dunia. Candi Hindu ini terletak di dataran Agkor, Kamboja, yang juga dipenuhi candi-candi indah lainnya. Angkor Wat merupakan candi yang paling terkenal di kawasan ini. Candi ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunannya memakan waktu selama 30 tahun, lho!

Berdasar Ajaran Hindu

Candi ini terdiri dari tiga lantai. Di atasnya terdapat lima menara tinggi dengan candi-candi kecil di sekitarnya. Menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat. Di sekeliling bangunan terdapat ukiran-ukiran indah di atas batu. Angkor Wat melambangkan ciri keagamaan Hindu dengan menara utama yang melambangkan Gunung Meru. Gunung ini merupakan pusat seluruh kegiatan menurut ajaran agama Hindu. Halamannya dikelilingi dinding dan terusan. Bukan hanya sebagai penghadang, dinding dan terusan ini juga sebagai lambang Gunung Meru yang dikelilingi oleh banjaran dan lautan, sebagaimana yang digambarkan oleh kepercayaan Hindu.

Tempat Terpencil

Angkor Wat memiliki luas wilayah mencapai 162,6 hektar. Sebelum akhirnya ditemukan, Angkor Wat benar-benar tertutup untuk dunia asing. Hutan rimba lebat menutupi kawasan yang terletak di pusat Kamboja itu. Orang pertama yang berhasil mengungkap keberadaan candi ini adalah orang Perancis pada tahun 1860. Ia bernama Henri Mahout, seorang ahli tumbuhan.

Kota Kuil

Arti nama dari Angkor Wat adalah Kota Kuil. Angkor adalah bentuk perubahan dari kata nokor yang berasal dari kata nagara dalam bahasa Sansekerta yang berarti ibu kota atau negara. Wat adalah istilah dalam bahasa Khmer untuk kuil atau candi.[

Situs Warisan Dunia Bangunan Angkor Wat terbuat dari tumpukan batu-batu besar. Seperti candi-candi pada umumnya, dinding Angkor Wat juga dihiasi dengan relief yang menggambarkan kehidupan masa lalu. Selain itu, juga terdapat patung-patung yang dipahat dengan sangat detail. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.