4 Bahaya Menggunakan Headset. Tetapi Tenang...Ada Cara Mengatasinya

By Aisha Safira, Rabu, 5 April 2017 | 12:34 WIB
Headset bisa membahayakan kesehatan lo. Foto: fransiscanchildrens.org (Aisha Safira)

Apakah kamu suka mendengarkan musik dengan headset? Ternyata headset bisa membahayakan kesehatanmu lo!

Nyaman sih menggunakan headset

Mendengarkan musik memang lebih nyaman menggunakan headset. Kita bisa mendengarkan lagu apa saja yang kita mau tetapi tidak mengganggu orang lain. Suara atau lagu akan terdengar lebih baik karena langsung terhubung ke telinga kita.

Tapi ternyata menggunakan headset terlalu sering membawa dampak buruk bagi kita. Kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan kita, terutama telinga. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak kita lo!

Wah, apa saja sih bahayanya?

1. Telinga kita bisa rusak

Menggunakan headset terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Apalagi jika volume yang masuk ke telinga melebihi 90 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara). Telinga kita tidak sanggup menanggung beban suara keras yang datang dari headset. Jadi, jangan terlalu kencang ya volume suaranya ketika mengdengarkan headset. Jangan juga terlalu sering mendengarkan headset. Pastikan telingamu diberi kesempatan untuk beristirahat ya!

2. Awas, dampaknya di usia 20 an

Terlalu sering menggunakan headset dengan volume terlalu keras juga dapat membuatmu kehilangan pendengaran. Jika telinga sudah rusak maka pendengaran semakin lama juga akan semakin menurun. Telinga pun akan kehilangan pendengarannya secara permanen. Dampaknya memang baru akan terasa di usia 20-an. Tapi sebaiknya kebiasaan ini dikurangi agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Telinga kita bisa infeksi

Kebersihan headset juga perlu dijaga lo. Jika headset yang kamu gunakan kotor, telingamu bisa saja menjadi infeksi. Sering-seringlah membersihkan headset-mu agar tidak ada bakteri yang tumbuh. Sebaiknya juga jangan meminjamkan headset milikmu pada orang lain agar bakterinya tidak ikut berpindah. Jika telingamu sudah terasa gatal, cepat-cepat bersihkan headset-mu ya!

4. Radiasinya bisa merusak otak.

Ketika sedang digunakan, headset memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat menimbulkan radiasi yang merusak otak. Hal ini sudah dibuktikan dalam percobaan pada hewan juga tumbuhan.

Jika kamu memang suka mendengarkan musik dengan headset, aturlah volume suaranya di antara 20 sampai 40 desibel saja. Jangan lebih dari itu ya agar kesehatan telingamu dapat terus terjaga!