Tips Memilih Jajanan yang Sehat

By Danastri Permata Putri, Kamis, 6 April 2017 | 03:27 WIB
Tips Memilih Jajanan Sehat (Danastri Permata Putri)

Semua jajanan di sekolah terlihat enak! Eh, tapi tunggu dulu. Tidak semua jajanan yang terlihat enak itu baik untuk tubuh kita, lo! Kita harus pintar memilih jajanan, agar badan selalu sehat. Kalau salah makan, bisa-bisa terkena penyakit.

Jajanan atau snack juga merupakan kebutuhan kita. Apalagi kalau kita bersekolah dari pagi sampai sore. Tidak cukup hanya makan besar, kita juga butuh camilan untuk memenuhi kebutuhan kalori. Sayangnya, tidak semua jajanan terjamin kebersihan dan keamanannya.

Beli di Tempat yang Bersih

Pastikan jajanan yang kita beli berasal dari tempat yang bersih. Jangan membeli di pinggir jalan, karena sudah pasti akan terkena banyak debu. Pilihlah jajanan yang di jual di dalam ruangan. Paling tidak, di tempat makanan-makanan itu tertutup.

Hindari yang Terlalu Tajam

Makanan dengan warna dan rasa yang terlalu tajam tidaklah baik untuk kita. Makanan dengan warna yang telalu tajam dan tidak sesuai dengan aslinya, disebabkan oleh pewarna makanan yang berlebihan. Sedangkan jika rasa makanan terlalu tajam, disebabkan oleh banyaknya penggunaan penyedap rasa.

Hati-Hati dengan Pembungkus

Kita harus membeli makanan yang ada pembungkusnya. Eits, bukan asal dibungkus, lo. Jika makanan panas, sebaiknya pembungkus tidak dari kertas atau plastik, koran, dan stirofoam. Makanan panas akan menyerap tinta dari koran bekas dan bahan lainnya. Ini akan membahayakan kesehatan.

Bawa Bekal

Membawa bekal adalah cara yang paling tepat. Bekal dari rumah yang disiapkan orang tua, sudah pasti aman untuk dikonsumsi. Selain itu bekal yang kita bawa juga bisa bervariasi. Variasi makanan itu membuat kita mendapat gizi yang seimbang.

Yuk, belajar memilih makanan sehat!