Laba-Laba dan Benang Sutranya

By Danastri Permata Putri, Kamis, 6 April 2017 | 10:40 WIB
Laba-Laba dan Sutranya, Ilustrasi: Clipart (Danastri Permata Putri)

Sutra Laba-Laba ternyata memiliki banyak kegunaan. Selain untuk membuat sarang, bisa juga digunakan sebagai jebakan untuk mendapatkan mangsa.

Digunakan untuk banyak hal

Banyak yang berpikir bahwa laba-laba hanya menggunakan sutranya untuk menganyam sarang. Tetapi tahukah kamu, sebenarnya sutra laba-laba dapat digunakan untuk berbagai hal. Laba-laba menggunakan sutranya untuk segala sesuatu. Mulai dari membuat jaring, rumah, perbatasan, tali luncur, kepompong, jebakan, dan sarang. Banyak laba-laba yang hampir setiap hari membuat jaring baru.

Awalnya berbentuk cair

Benang sutra laba-laba berasal dari kelenjar di ekornya. Puting sutra yang berbentuk tonjolan kecil mengeluarkan benang sutra seperti pasta gigi. Pada saat pertama dikeluarkan, sutra ini berbentuk cairan. Tetapi benang sutra akan mengeras ketika kaki laba-laba menariknya keluar. Hal ini karena cairan sutra tersebut telah bersentuhan dengan udara.

Anak laba-laba

Anak laba-laba menetas dari telur-telur yang terbungkus dalam kepompong sutra. Makanan mereka adalah kuning telur yang menjadi persediaan pada tubuh mereka. Sesudah beberapa saat kemudian, barulah mereka keluar dari kepompong dan mulai berburu mencari mangsa.

Cara laba-laba memangsa

Laba-laba memangsa hewan, seperti serangga, cacing, kutu kayu, atau laba-laba lainnya. Mereka melumpuhkan mangsanya dengan bisa, sambil membungkus mangsanya dalam kantong sutra untuk kemudian dimakan. Laba-laba kebun menangkap mangsanya dengan cara membuat jaring rumit berbentuk bulat di antara batang tumbuhan. Sebagian menunggu mangsanya di tengah jaring, sebagian lagi bersembunyi di dekatnya.

Sangat kuat

Sutra laba-laba tertentu lebih kuat dari kabel baja dengan ketebalan yang sama. Tidak semua laba-laba membuat jaring. Sebagian akan menjatuhkan jaringnya untuk menjerat mangsa. Hanya sedikit laba-laba yang menyerang mangsa di liangnya.

Berbagai macam jenis

Sutra laba-laba memiliki beragam jenis. Untuk sarangnya, mereka membuat sutra lengket karena dipakai untuk menjerat serangga. Mereka menggunakan sutra yang lebih kuat tapi tidak lengket untuk membuat jari-jari sarang. Untuk membuat kepompong, laba-laba menggunakan sutra yang lain. Sarang laba-laba juga banyak macamnya. Bahkan ada laba-laba yang membuat rumah sutra berbentuk lonceng. Rumah ini seluruhnya berada di bawah air, lho!